Diapresiasi, Piala Ibu Gubernur Didukung Jadi Iven Tahunan

1095

JURNAL SUMBAR | Pariaman – Kejuaraan terbuka sepatu roda Piala Ibu Gubernur (PIG) Sumbar ditabuh. 233 orang atlit dari lima Provinsi di wilayah Sumatera berpacu memperebutkan medali dari 34 nomor yang dipertandingkan di lintasan sepatu roda kawasan wisata Pantai Cermin Kota Pariaman, Sabtu (13/10).

Iven sepatu roda terbesar di Sumbar ini berhasil menyedot animo seribuan warga dari berbagai kalangan. Ibu Gubernur Sumbar, Nevi Zuairina Irwan Prayitno yang hadir bersama Kadispora Sumbar Adib Alfikri, Wako Pariaman Genius Umar bahkan dibuat takjub oleh tingginya antusias peserta dari berbagai daerah untuk mengikuti kejuaraan yang digelar selama dua hari tersebut.

“Saya takjub, dengan persiapan yang sangat singkat dan dukungan anggaran yang minim, kita mampu mengangkat iven ini. Bahkan mampu menghadirkan peserda dari beberapa provinsi tetangga,” ujar Nevi.

Nevi mengungkapkan, dengan konsep sport tourism upaya memperkenalkan potensi wisata daerah melalui kegiatan olahraga menjadi target dari kegiatan ini, disamping peluang melahirkan generasi berprestasi di Sumbar. “Semoga dengan support anggaran yang memadai, kita akan buat acara ini lebih meriah tahun depan,” kata istri Gubernur Sumbar ini.

Searah dengan itu, Wako Pariaman Genius Umar turut mengungkapkan apresiasinya kepada pengprov Porserosi Sumbar yang telah menunjuk Kota Pariaman sebagai penyelenggara iven kejuaraan terbuka sepatu roda PIG Sumbar ini. “Acara ini merupakan inisiatif masyarakat. Dan saya wajib mensupport. Kita akan jadikan agenda tahunan dan akan kita buat tahun depan yang lebih besar dari yang diadakan tahun ini, kapan perlu level nasional,” tegas Wako.

Menjawab harapan itu, Kadis Pemuda dan Olahraga Sumbar dalam kapasitasnya mewakili Gubernur Sumbar turut mengapresiasi Porserosi Sumbar yang mampu mengangkat acara ini secara mandiri dan meriah. Pemerintah provinsi Sumbar, kata dia siap mendukung secara penuh kegiatan ini untuk digelar tahun depan.

“Kita harus support kegiatan ini agar lebih meriah tahun depan, kalau tak bisa dari alokasi APBD, kita carikan sponsor besar. Masyarakat Pariaman harus bangga memiliki track yang representatif. Kita akan dorong bagaimana kab/kota lain di Sumbar juga memiliki track seperti ini,” ujarnya.

Terkait kejuaraan itu, Ketum Porserosi Sumbar Dr. Alfroki Martha menyebutkan, kejuaraan itu merupakan turunan dari kejuaraan Piala Ibu Negara (PIN) yang merupakan agenda resmi PB Porserosi untuk level nasional. ” Untuk level daerah kita beri nama Piala Ibu Gubernur (PIG). Ini iven PIG perdana di Indonesia,” kata ketua Bidang Sport Science PB Porserosi ini.

Dengan memperbanyak iven, kata dia akan berdampak kepada peningkatan pengalaman bertanding para atlit. “Dari berbagai kejuaraan tersebut, kita akan bisa mengevaluasi setiap kelebihan dan kekurangan yang kita miliki untuk diperbaiki pada iven berikutnya. Iven inibsekaligus pemanasan bagi atlit sepatu roda Sumbar jelang multy iven Porprov ke XV bulan depan,” kata Alfroki.

Terpisah, ketua bidang kompetisi dan Perwasitan PB Porserosi Yudisto Eldorado Devera yang turut mengawal suksesi kejuaraan itu menyebutkan, meski masih terlihat kekurangan dalam penyelenggaraan, namun pihaknya sangat mengapresiasi Pengprov Porserosi Sumbar atas keberaniannya mengangkat iven ini.

“Saya juga bangga melihat antusias klub-klub sepatu roda di wilayah Sumatera yang ikut meramaikan iven ini. Kekurangan yang bersifat teknis, akan kita perbaiki sembari berjalan,” ujarnya.

Sementara itu ketua Panitia Pelaksana, Novermal mengatakan, 233 orang peserta tersebut berasal dari Riau yang menurunkan 6 klub, Sumsel 2 klub, Jambi 2 klub, Sumut 1 klub dan 10 tim dari Pengkab/pengkot se Sumatera Barat. Selain memperebutkan piala bergilir dari Ibu Gubernur Sumbar, juga ada trofi lepas dari Wali Kota Pariaman. “Bagi juara umum 1, 2, 3, juga ada tabanas dengan total Rp. 15 Juta,” kata Novermal.

Pelaksanaan kejuaraan terbuka yang meriah itu, Novermal dibantu Arfan Rosyda sebagai sekretaris dan Edi Suandi bendahara. Di lapangan, pertandingan dipimpin oleh Azral Malvinas. Dan, Sekretaris Pengprov Porserosi Sumbar Rudi Horizon juga berkontribusi atas sukses alek gadang sepatu roda itu.

Kejuaraan terbuka sepatu roda Piala Ibu Gubernur dan Walikota Pariaman ini didukung PT Semen Padang, Bank Nagari, Dempo Grup dan PT Askrida. (rilis/ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here