Berkunjung ke Pessel, Arcandra Tahar Beberkan Keberhasilan Kementerian ESDM

703

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia  (Wamen ESDM RI) Ir Arcandra Tahar, MSc, Phd. disambut Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dalam kunjungan kerja di Pesisir Selatan bertempat di Gedung Painan Convetion Center(PCC), Sabtu (6/4/2019).

Dalam Kunker ke Pesisir Selatan tersebut Wamen ESDM RI Arcandra Tahar, didampingi langsung  Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni , Sekda Pesisir Selatan Ir. Erizon, MT dan Perangkat Daerah Pesisir Selatan serta Forkompinda.

Pada kegiatan di Pesisir Selatan, Wamen ESDM RI Arcandra Tahar dengan lancar dan pasih bercerita, bahkan dihadapan ratusan warga Pesisir Selatan Wamen ESDM RI Arcandra Tahar menyampaikan program Kementrian ESDM lewat tayang video slide.

Disebutkan Wamen ESDM RI Arcandra Tahar, bahwa Kementerian ESDM menghasilkan pendapatan bagi negara mencapai 270 Triliyun atau 53 persen dan itu penerimaan bukan pajak. Dengan gamblang Wamen ESDM RI Arcandra Tahar menyampaikan program Kementerian ESDM.

Bahkan masalah BBM (bahan bakar minyak) juga dibahas Wamen ESDM RI Arcandra Tahar. Terkait soal Caltek Riau (Blok) Rokan juga tak luput dari bahasan Wamen ESDM RI Arcandra Tahar. “Siapa percaya BBM naik, dan Siapa percaya BBM turun. Tidak ada BBM naik, dan siapa yang percaya Listrik naik, Itu semua tetap,” kata Wamen ESDM RI Arcandra Tahar penuh arti yang juga orang Sumatera Barat.

Bahkan masalah tenaga kerja pun dibahas Wamen ESDM RI Arcandra Tahar. Mendengar ulasan dan pemaparan tersebut peserta yang hadir hanya terkesikma mendengarkannya. “Kalau ada TKA tidak sesuai izin tinggal laporkan,” jelas Wamen ESDM RI Arcandra Tahar.

Bahkan soal tambang Freeport Indonesia pun dibahas soal Negosiasi antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia mencapai kata sepakat 51 persen menjadi saham Indonesia.

Lanjutnya dalam Sambutan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyampaikan bahwa pemerintah pusat terus memberikan perhatian yang besar terhadap Kabupaten Pesisir Selatan.

Pesisir Selatan juga memiliki berbagai potensi dibidang sumber daya energi dan mineral. Salah satu potensi itu pemanfaatan PLTM, kondisi hutan Pesisir Selatan yang relatif terpelihara menghasilkan potensi sumber energi dibidang Mikro Hydro.

Besarnya potensi pertanian dan peternakan di Pesisir Selatan juga dapat menghasilkan potensi Biomass Gabah dan tongkol jagung. Pada beberapa waktu yang lalu, potensi ini sempat di lirik oleh investor Jepang, namun karena rendah harga jual listrik ke PLN mengakibatkan Investasi ini menjadi tertunda.

Bupati berharap potensi ini dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat Pesisir Selatan. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here