Tetap Jualan di Siang Ramadhan, Tim Gakkumdu Tanah Datar Garuk Pedagang Nasi

199

JURNAL SUMBAR  | Batusangkar – Tim Gakkumda Tanah Datar tetap eksis dan konsekwen dalam menjalan tugas di bulan Puasa. Tim ini bahkan menelusuri nagari-nagari di Luhak Nan Tuo, untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran yang bakal mengganggu ketertiban dan ketenteraman masyarakat.

Hal itu ditegaskan Kasatpol PP Damkar Tanahdatar Yusnen SAg, MSi didampingi Kabid Gak Perda dan Bina PPNS, Bustamar SE dan Kasi Penegak Perda, H. Elfiardi, SH, Rabu ( 15/5) kepada wartawan di Batusangkar.

Dikatakannya, sekira pukul 11.00 WIB, Rabu, Tim Gabungan diperkuat Pol PP, TNI dan Polri memergoki  sebuah kedai nasi di pinggiran jalan lurus nagari Tanjung Barulak kecamatan Tanjung Emas, dan sebuah truk serta beberapa sepeda motor parkir di depan kedai tersebut.

Tim yang dikomandoi Kasi Penegak Perda itu langsung masuk ke dalam kedai dan menemukan lauk pauk lengkap untuk dijual, nasi dua termos, dan di meja kasir terletak dua bungkus nasi telah dipesan, tetapi pembelinya berhasil kabur ketika petugas memasuki kedai.

Kedai milik J ini sudah dua kali  disambangi Tim Gakkumda, ucap H Eldiardi SH, yakni, Minggu (12/5), saat itu Tim  melakukan pendekatan persuasif agar tidak menjual nasi siang hari bulan Puasa, tetapi himbauan itu diabaikan J, maka hari Rabu, pemilik kedai disuruh membuat perjanjian ke kantor Satpol PP Damkar di Batusangkar dan BB (Barang bukti) berbagai macam kuliner diamankan.

Disamping itu, Tim Gakkumdu juga sudah menertibkan pedagang nasi di Batu Balang, Setangkai, dan Lubuak Jantan Lintau. “Mereka ini diberi tindakan persuasif, tetapi kalau mereka masih membangkang akan diambil tindakan lebih keras dengan menyita barang dagangan mereka,” tekan H Elfiardi mengakhiri keterangannya. habede.