Amping Parak Mewakili Pesisir Selatan Menuju Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar

262

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Tim Penilai Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 menilai nagari Amping Parak, Senin (17/06/2019).

Pada kesempatan itu Ketua Tim Penilai, Azwar,S.E.,M.Si mengatakan penekanan penilaian kali ini adalah kwalitas penyelenggaraan pemerintahan dan inovasi yang dilakukan nagari.

Bupati Pesisir Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, H. Rusdiyanto, S.H., M.H., dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan nagari dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tergantung pada peranan pemerintah nagari dan pembinaan pihak terkait di masyarakat.

Staf ahli berharap tim penilai dapat melihat sejauh mana Nagari Amping Parak memiliki keunggulan inovasi dan potensi yang ada sehingga menjadi nagari terbaik di Sumatera Barat.

Nagari Amping Parak mempunyai inovasi diantaranya, Wisata Edukasi Konservasi Penyu yang digagas oleh pemuda nagari yang bernaung dalam organisasi Laskar Turtle Camp.

Selain itu, untuk meningkatkan upaya mitigasi bencana alam, nagari ini juga memiliki Kelompok Siaga Bencana yang bekerja sama antara Pemerintah Nagari dan pihak ketiga (NGO Jerman dan ASB).

Nagari Amping Parak juga merupakan salah satu pelopor Desa/ Nagari pengguna Biogas untukĀ  rumah tangga di Kabupaten Pesisir Selatan.

Wali Nagari Amping Parak, Yusmardi mengatakan bahwa inovasi inilah yang menjadikan Nagari ini siap menghadapi penilaian kali ini. (Rega Desfinal)