Diresmikan Bupati Hendrajoni, 70 Nelayan Batang Kapas Dapat Rumah Layak Huni

306

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – 70 unit rumah layak huni di Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas siap untuk dihuni oleh nelayan, Kamis (13/06/2019).

Adapun nelayan yang berhak menerima rumah, adalah nelayan yang belum memiliki rumah dan rumah yang tidak layak, sesuai dengan seleksi serta prosedurnya.

“Proses pembangunan rumah nelayan tersebut dari tahun 2017 sebanyak 20 unit, 2018 sebanyak 50 unit,” ujar Hendrajoni waktu peresmiannya.

Pembangunan rumah nelayan ini merupakan program dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum, yang berhasil didapatkan untuk nelayan Pesisir Selatan.

Selanjutnya, patuhi hak dan kewajiban nelayan, adapun ketentuan penghuni rumah khusus ini dilarang memindahkan tangan, menyewakan, mengontrakan, penerima wajib menghuni.

Serta rawat dan pelihara rumah tersebut, serta wajib bayar pajak, bayar air, listrik, kerusakan ditanggung penghuni.

Setelah diserahkan rumah tersebut harus dihuni, apabila tidak dihuni dalam waktu 30 hari, akan dicabut haknya, serta rumah yang lama harus dirobohkan.

Terakhir bupati Hendrajoni ikut jadi saksi pengundian, sistem cabut lot ini merupakan bentuk transparansi antara Pemkab dengan nelayan.

Setelah dilakukan pengundian, masing-masing nelayan menempati rumah baru yang lebih representatif bagi nelayan. (Rega Desfinal)