Masalah Pembangunan RSUD Ali Hanafiah Jadi Perhatian Timsus DPRD Tanah Datar

771

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Melalui pembahasan cukup alot yang dihadiri 24 Anggota DPRD Tanahdatar dari 35 Anggota dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanahdatar berlangsung mulus.

Rapat dilaksanakan, Selasa (26/6) untuk mendengarkan laporan Timsus ( Panitia perumus) DPRD dalam  Pembahasan Ranperda tentang Pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun  2018 di gedung DPRD setempat.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Timmus DPRD Pembahasan Ranperda tentang pertanggungjawab pelaksaan APBD, Jasmadi  ST melaporkan , Rumusan tersebut berdasarkan rapat internal Timmus  DPRD dan rapat kerja timmus DPRD dengan perangkat daerah, dan hasil study banding timmus ke Kota Yogyakarta secara berjenjang dari provinsi Sumatera Barat hingga pemerintah pusat dari  10 sampai 21 Juni 2019.

Rumusan  ini, sebut Jasmadi ST, merupakan salah satu dokumen atau pedoman bagi fraksi-fraksi dalam  menentukan pendapat fraksi. Seterusnya Raperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019, terkait dengan PAD dirasakan belum dilaksanakan sesuai dengan amanat Perda No 6 tahun 2011 tentang pajak daerah.

Menurut  Jasmadi, pemerintah daerah baru melaksanakan perhitungan berdasarkan negosiasi dengan subjek pajak, terutama Perda pajak hotel dan restoran. Khusus untuk pemungutan rumah makan, pemerintah daerah agar melaksanakan pemungutan sesuai ketentuan.

Timmus mengingatkan lagi, Pemkab Tanahdatar mengenai beberapa kegiatan pada APBD tahun 2018, dengan dana cukup besar tidak dapat dilaksanakan OPD bersangkutan pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Koperindag dan Dinas PUPR dan Pertanahan.

Selanjutnya, Timmus juga mengingatkan Pemkab tentang kegiatan rekanan kontraktor yang putus kontrak, yaitu, pembangunan gedung Poliklinik RSUD Prof M Ali Hanafiah Batusangkar dengan dana Rp 33.944.109.000,-. Keterangan dari Kementrian Kesehatan RI teralisasi baru sekitar  Rp14 Miliar.

Kita mengharapkan masalah ini harus menjadi perhatian serius dari pemerintah Daerah agar kejadian itu tidak terjadi lagi, tekan Jasmadi.

Rapat Paripurna DPRD Tanahdatar dipimpin ketua DPRD Anton Yondra dihadiri bupati Irdinansyah Tarmizi,  Wabup Zuldafri Darma, Forkopimda anggota DPRD, OPD, Wali nagari dan undangan lain. habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here