Pilkada Sijunjung 2020, Liswandi Incar Politisi “Sarikal” Golkar Sebagai Pendamping

1036

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Suksesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sijunjung, Sumatera Barat, bakal segera bergulir. Bahkan genderang “perang” pun sudah mulai ditabuh. Menariknya lagi, nama pasangan untuk menjadi calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (calwabup) preode 2020-2025 pun sudah diincar.

Nama politisi Demokrat yang juga ketua pelaksana tugas Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Sijunjung, H. Liswandi, SE juga digadang-gadangkan sebagai calon kuat Bupati Sijunjung.

Bahkan Liswandi sang legislator yang duduk di parlemen Sumatera Barat itu sudah memastikan diri untuk maju bersama politisi Partai Golkar Sarikal alias Udo.

Sarikal sendiri sosok politisi yang merakyat dan dikenal rakyat yang juga mantan Walinagari Takuang, Kamangbaru. Dimungkinkan duet ini sangat tepat dan pantas. Kabarnya, Liswandi pun dikabarkan sudah dapat restu dari DPD Golkar Sumbar maju bersama Sarikal.

“In sha Alloh saya maju bersama Udo (Sarikal-red) dan sudah ada restu dari DPD Golkar Sumbar. Doakan saja untuk Sijunjung lebih baik,” ucap Liswandi kepada awak media lewat telepon selularnya, Senin (17/6/2019) menyikapi sejumlah tokoh Sijunjung “turun gunung” membidik BA 1 K.

Hal itupun tak ditampik Sarikal. “Ya, itukan baru wacana, meski begitu saya siap untuk maju, baik sebagai calbup maupun cawabup. Yang penting masyarakat merestui dan mendukung,”ucap anggota DPRD Sijunjung itu pada awak media Senin (17/6/2019) via telepin selularnya.

Tak hanya Liswandi dan Sarikal, tapi sejumlah politisi Sijunjung yang pernah duduk di DPRD Sijunjung, DPRD Provinsi dan DPR RI bakal meramaikan perhelatan Pilkada 2020 mendatangitu.

Mereka akan berebut menjadi orang nomor wahid di Ranah Lansek Manih itu. Mulai dari kalangan politisi, birokrat dan akademisi bakal merebut BA 1 K. Bahkan sejak beberapa pekan terakhir ini sejumlah bakal calon bupati-wakil bupati Sijunjung 2020-2025 itu kian merebak.

Sebut saja nama Andre Syaepul (Haji Wen), anggota DPR RI (2014-2019) yang juga politisi Nasdem itu diperkirakan bakal turun gunung untuk merebut singasana kursi empuk BA 1 K. Selain itu juga ada nama Marlis (anggota DPRD Sumbar-red) juga disebut-sebut sebagai Cabup.

Menariknya lagi, untuk pertamakali muncul nama “Srikandi” Sijunjung yang kini santer disebut-sebut dan siap maju bertarung di Pilkada 2020. Dia adalah Marlina. Politisi Partai Golkar yang kini menjabat anggota DPRD Sijunjung itu juga jadi perhitungan. Nah, Jika Marlina maju, lantas jalur “perahu” mana digunakankan untuk melanggeng ke ajang Pilkada? Sebab, rivalnya sesama Golkar tak bisa dianggap enteng, Sarikal dinilai juga pantas dan layak.

“Nama Marlina itu cukup bagus, begitu juga ada Liswandi dan Marlis. Bagi kami yang pokok untuk Calbupnya dari Kamang,” kata Syahbuddin Datuk Sinaro (Datuk Abu) dan beberapa tokoh Kamangbaru pada awak media jelang lebaran beberapa waktu lalu.

Informasi yang dihimpun awak media, nama Benny Dwi Yuswir (Kepala Bapppeda Sijunjung-red) dikabarkan jadi perhitungan. Begitu juga nama Hendri Susanto yang kini menjabat anggota DPRD Sijunjung itu juga disebut-sebut bakal calon kuat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Bahkan nama Bambang dari Partai Gerindra yang memperoleh suara terbanyak di Pileg 2019 Dapil III Sijunjung bakal juga maju. Partai besutan Prabowo Subianto itu sudah mengantongi 4 kursi di Parlemen Sijunjung. “Tinggal kami hanya mencari dua kursi lagi. Siapa saja ingin berkoalisi Gerindra selalu terbuka,” ucap Drs Syahril Syamra Ketua DPC Gerindra Sijunjung pada awak media belum lama ini.

Nama tokoh lain yang digadang-gadangkan saat ini terdapat nama Ashelfine, SH.MH. Ketua DPD PAN Sijunjung itu dipastikan kembali maju. Begitu juga akademisi senior, DR Hasrul Piliang juga bakal turun gunung. “Jika masyarakat menghendaki saya siap kembali maju,”kata Hasrul Piliang pada awak media Senin (17/6/2019).

Bahkan nama H. Iradatillah, politisi PPP yang saat ini anggota DPRD Sumbar periode 2014-2019 juga bakal maju. Hal itu terlihat dari sejumlah spanduknya sudah terpajang bersamaan dengan Bacalbup Sijunjung lainnya. saptarius