Pulang Basamo, Ketua IKWAL Jakarta Sumbangkan Ambulan Untuk Kampung Halaman

366

JURNAL SUMBAR | Kambang — Rombongan warga Ikatan Keluarga Wilayah Lengayang (IKWAL) Jakarta yang dipimpin Letnan Kolonel Ckm Ardijon S.H,.M.Si dan rombongan IKWAL Bali yang dipimpin Jon Muncak yang mengagendakan “Pulan Basamo Tahun 2019/1440 Hijriah” disambut secara resmi langsung oleh Bupati Hendrajoni didampingi Camat Lengayang Zoni Eldo, Senin (3/6/2019). Acara penyambutan rombongan Pulang Basamo itu diselenggarakan di Halaman Kantor Camat Lengayang, Jalan Lintas Padang-Painan, Kenagarian Lakitan Utara.

Pada kesempatan sambutan kedatangan, Ketua IKWAL Jakarta dan Sekitarnya, Ardijon menyampaikan tradisi merantau orang Minangkabau sudah dilakukan sejak lama ke Negeri orang lain, baik merantau di dalam wilayah Indonesia maupun ke luar Negeri, termasuk warga masyarakat dari Lengayang sebagai salah kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat juga melakukan kegiatan merantau untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

“Melalui Pulang Basamo diharapkan dapat menumbuh kembangkan rasa cinta pada kampung halaman Lengayang yang tercinta, membangkitkan rasa kepedulian warga perantauan pada kampung halaman tanah leluhurnya, sekaligus juga mengenalkan nagari kepada urang sumando, pasumandan serta anak kemenakan yang lahir di perantauan, dan kami dirantau selalu meningkatkan dan memperkokoh silaturrahmi sesama warga Lengayang dan turut serta berkontribusi membantu kampuang halaman, nagari sesuai dengan kemampuan dan profesi perantau masing-masing,” jelas Ardijon

Proses penyambutan rombongan Pulang Basamao IKWAL Jakarta dan Bali Tahun 2019/1440 Hijriah ini sangat sukses karena direspon Pemkab, Pesisir Selatan, Forkom Pimcam, Kapolsek dan Danramil Lengayang, para Wali Nagari, ketua KAN, tokoh masyarakat bundo kanduang, alim Ulama serta pemuda parik paga nagari.

Sekitar 50 mobil berbagai merek, dari Masjid Nurul Haq, Kampung Ujung Air, Sutera, sesuai yang direncanakan Panitia Penyelenggara Pulang Basamao IKWAL Jakarta dan Bali Tahun 2019/1440 Hijriah yang dikomandoi H Darmayandi, Mayor Mar Derianton, S.Pd MM dan H Arifin usai shalat zuhur berjamaah bergerak ke perbatasan Kecamatan Lengayang dan Sutera. Karena terkoordinasi dengan baik, rombongan IKWAL tersebut disambut dengan kalungan bunga oleh Camat Lengayang Zoni Eldo dan Forkompimcam Lengayang.

Acara Pulang Basamo IKWAL Jakarta dan Bali tahun 2019/1440 Hijriah menurut Sekretaris Panitia, Durakmal, bertemakan “Kalau indak Kini dan salanjuiknyo bilo juo lai urang rantau sato mambangun dan peduli jo kampuang halaman, di Rantau kito mencari di kampuang kito babagi” semakin semarak ketika melawati Pasar Kambang, arak-arakan berhenti di Halaman Kantor Camat Lengayang. Selanjutnya dilaksanakan prosesi penyambutan yang menampil tari pasambahan dan sambutan kedatangan baik dari Camat Lengayang Zoni Eldo dan sambutan pimpinan rombongan yang diwakili Ketua IKWAL Jakarta dan Sekitarnya, Ardijon.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan kesempatan kepada Buya Afrizal memberikan tausyiah, tak lama berselang datanglah Bupati Pessel, Hendrajoni dan langsung memberikan sambutan untuk memperlihatkan kegembiraan masyarakat di ranah Lengayang yang antusias menunggu rombongan perantau. Usai sambutan orang nomor satu di Pessel itu dilanjutkan dengan penyerahan satu unit mobil ambulan kepada Camat Lengayang Zoni Eldo dari Ketua IKWAL Jakarta Erdijon disaksikan Bupati Pessel Hendrajoni dan sesepuh IKWAL Jakarta dan Bali diantaranya H. Marsil, SH.MH, Darmalis,S.Pd dan Ketua IKWAL Kota Padang, Aprizal Cai dan diakhiri dengan berbuka bersama.

Selain itu yang membedakan Hari Raya Idul Fitri 1440/2019 di Kecamatan Lengayang, digelarnya diskusi yang dimotori Ir Afjelvian Henri dan pertandingan Bulutangkis yang memperebutkan Piala IKWAL, tidak hanya itu IKWAL Bali yang diprakasai organisasi paguyuban Kampuang Rangeh. Andesra juga menginisiasi penyelenggaraan pertandingan Bolavoli, di Kampung Rangeh. (Agusmardi)