Pusat Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Hendrajoni Perioritaskan Pembangunan Pasar

378

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menegaskan, pembangunan pasar menjadi prioritas utama pembangunan daerah.

“Semua pasar yang ada di kecamatan akan kita bangun menjadi pasar modren atau semi moderen,” kata Hendrajoni.

Hal tersebut dikatakan Bupati saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan dua pasar, masing-masing Pasar Inderapura, Kecamatan Pancung Soal dan Pasar Silaut, Kecamatan Silaut, Senin (24/6/2019).

Acara itu dihadiri Ketua DPRD, Dedi Rahmanto Putra, staf ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan Rusdyanto, sejumlah kepala perangkat daerah, Forkopimda, camat, walinagari, pemuka masyarakat, niniak mamak, alim ulama, bundo kanduang, dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati mengatakan, pembangunan dan peningkatan pasar menjadi skala prioritas untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pasar merupakan pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Dikatakan, tiga tahun terakhir pemkab sudah membangun 26 pasar semi modern dibeberapa kecamatan.

Antara lain Pasar Kambang, Pasar Koto Baparak, Kecamatan Bayang, Pasar Batang Kapas, Kecamatan Batang Kapas, Pasar Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai dan lainnya.

“Ya, harapan kita dengan semakin meningkatnya infrastruktur pasar bisa menggerakkan perekonomian masyarakat kedepannya,” ucap Hendrajoni.

Disebutkan, pemkab berkomitmen menciptakan pasar yang bersih, nyaman dan aman. Oleh karena itu pembangunan pasar yang representatif dilakukan secara bertahap.

“Kita ingin di setiap kecamatan memiliki pasar yang bersih, nyaman dan aman, sehingga memberi daya tarik masyarakat untuk berbelanja ke pasar. Oleh karena itu, pembangunan pasar yang representatif dilakukan secara bertahap,” ujarnya lagi.

Ia meminta, pasar yang dibangun diprioritaskan untuk pedagang kecil. Kemudian pemanfaatan diatur dengan baik, sehingga tidak terjadi keributan.

“Saya meminta, pasar yang sudah dibangun diprioritaskan untuk pedagang kecil. Kemudian pemanfaatan diatur dengan baik, sehingga tidak terjadi keributan,” harapnya.

Dijelaskan, untuk tahun 2019, dibangun lagi 11 unit pasar yaitu Mandeh Rp 3 miliar, Koto Barapak Bayang Rp 750 juta, Batang Kapas Rp 1,5 miliar, Balai Selasa Rp 850 juta, Inderapura Rp 1,7 miliar, Tapan Rp 2,5 miliar, Sungai Sirah Rp 1 miliar, pengerasan Pasar Lakitan Rp 500 juta, Labuhan Rp 200 juta dan Pasar Kambang Rp 185 juta.

Dengan demikian, total alokasi dana untuk pembangunan pasar di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 sebesar Rp 13,5 miliar berasal dari APBD dan APBN. (Rega Desfinal)