Batagak Penghulu, Gelar Sepuluh Pemangku Adat Nagari Baringin Lima Kaum Dilewakan

212

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Sebanyak sepuluh pemangku adat, Sabtu(27/7) Batagak Penghulu, sekaligus malewakan gala bertempat di Rumah Gadang Pincuran VII, Nagari Baringin, Lima Kaum, Tanah Datar.

Sepuluh pemangku adat itu adalah  Yudarmi dengan gelar Dt Rajo Endah dan  Budi Rahmat gelar Datuk Bagindo Malano berasal dari suku Korong Panjang. Jhon Asmur Efendi gelar Datuk Penghulu Sutan, Refli Rindes gelar Datuk Paduko Kayo dan Suheri gelar Khatib Intan  Dari Suku Korong Gadang.

Sedangkan dari Suku Sungai Napa Novrizal gelar Khatib Mangkuto. Seterusnya tiga pemangku adat dari suku Ponco, Zaidi Sabar gelar Datuk Rangkayo Mulia, Febrianto gelar Khatib Basa dan Noviardi gelar Dubalang Rajo Mansur.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam kesempatan itu mengemukakan, batagak pangulu sudah sejalan dengan visi dan misi pemerintah Tanah Datar dan sesuai palsafah, adat bersandi syarak, syarak bersandi kitabullah.

Bupati Irdinansyah mengapresiasi aktivitas batagak penghulu dan peranan niniak mamak akan bisa lebih berperan dalam pasukuan dan di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Ketua KAN Baringin N Malin Marajo mengajak ninik mamak yang sudah di sumpah dapat melakukan tugas sesuai peranannya sebagai penghulu dalam kaum dan sukunya masing-masing.

Selanjutnya  Walinagari Baringin H Irman Idrus mengemukakan  penerintah nagari semenjak tahun 2016 sudah berencana melewahkan gala ini, namun baru bisa terlaksana tahun 2019 ini.

Untuk itu, wali Irman mengharapkan Ninik mamak bersama sama menyelesaikan permasalahan di nagari kita sehingga nagari kita menjadi lebih aman. habede.