Di Tarusan, Bupati Hendrajoni Resmikan Pembangunan Sentra Pengolahan Ikan Senilai Rp32,5 Miliar

889

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, SH, MH melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengolahan Hasil Perikanan di Nagari Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan, Senin (1/7/2019).

Pada acara itu hadir sejumlah kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Pessel, camat, walinagari, niniak mamak, alim ulama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Bupati menyebutkan,  pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Apalagi Kecamatan Koto XI Tarusan merupakan sentra perikanan yang memerlukan industri pengolahan, sehingga hasilnya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ditambahkan, sebagai kawasan wisata bahari terpadu Mandeh, tentu segala sektor terus kita kembangkan, termasuk sektor perikanan.

Pembangunan sentra IKM dapat menjadi penunjang peningkatan kunjungan wisatawan. karena selain menikmati keindahan alam. wisatawan  juga bisa membeli oleh-oleh dari hasil ikan olahan tersebut.

Berbagai jenis olahan makanan dalam kemasan itu seperti  naget ikan, bakso ikan, ikan presto, sosis ikan, aneka kerupuk ikan, selai rumput laut, stick ikan, pizza ikan, dan aneka kudapan ikan lainnya.

Secara keseluruhan pembangunan sentra IKM pengolahan hasil perikanan di Nagari Carocok Anau melalui Dana Alokasi Khusus Kementerian Perindustrian dengan biaya sebesar Rp 32,5 miliar.

Pada tahun 2018 dimulai persiapan dan pembersihan lahan dan pembangunan kantor pengelola, dengan nilai Rp 1 miliar”, jelasnya

Tahun 2019 ini mendapat alokasi dana Rp 14,5 miliar yang dipergunakan untuk penimbunan, pembangunan instalasi air limbah, pembanguan 3 unit ruang produksi, restoran, drainase, jaringan penerangan listrik dan sarana pendukung lannya.

Terakhir Pembangunan akan  dilanjutkan tahun 2020 dengan biaya sebesar Rp 17 miliar yang bersumber dari APBN. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here