Dibuka Wabup Arrival Boy, THL dan Pemuda Sijunjung Ikuti Pelatihan Bela Negara

425

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 80 orang Tenaga Harian Lepas (THL) pada OPD se Kabupaten Sijunjung dan pemuda se Kecamatan Sijunjung ikuti pelatihan bela negara yang dilaksanakan di Calau Muaro Sijunjung selama 10 hari, dimulai tanggal 11 hingga 19 Juli 2019.

Acara yang degelar aparatur Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung ini dibuka Wakil Bupati Sijunjung, H.Arival Boy dengan ditandai pemasangan dan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan pelatih dan peserta serta diikuti oleh peserta lainnya.

Wakil Bupati Arrival Boy dalam sambutannya menyebutkan bahwa pada hakekatnya upaya bela negara adalah pola sikap dan pola prilaku yang dijiwai kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, menghayati dan mengamalkan pancasila serta UUD 1945, sehingga memiliki keyakinan akan hak,kewajiban serta tanggung jawab sebagai warga negara.

” Bela negara bukan menyangkut aspek pertahanan dan keamanan saja, tetapi belanegara dapat diwujudkan dalam bentuk kerja keras dengan tetap menjaga harkat dan martabat negara indonesia,” ucapnya.

Pada saat sekarang ini kata Arrival Boy, Bela Negara dapat di aplikasikan dengan memberikan pendidikan yang berkarakter melalui pemahaman nilai-nilai budi pekerti, sopan santun, saling menghargai dikalangan generasi muda serta menjaga hubungan yang baik antar sesama warga dalam lingkungannya.

” Bela negara juga bisa berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara, mewujudkan prilaku bekerja keras, menciptakan keamanan
tingkat nasional, memberantas KKN melawan peredaran penyalahgunaan narkoba, dan memberikan konstribusi terhadap penegakkan hukum dan HAM,” ujarnya.

” Saya berharap kepada peserta, setelah pelatihan ini nanti akan timbul kesamaan persepsi diantara kita semua, tentang pentingnya Bela Negara bagi setiap warga Negara, dalam rangka menatap masa
depan yang lebih baik,” harap Wabup Arrival Boy.

Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Bobby Roespandi, AP.M.Si selaku ketua pelaksana menyampaikan tujuan dari pelatihan tersebut.

” Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman, pengetahuan dan mendorong tumbuhnya kesadaran Bela Negara bagi Tenaga Harian Lepas (THL) pada OPD se Kabupaten Sijunjung dan Para Pemuda se Kecamatan Sijunjung serta memberikan pemahaman sejarah dan makna nilai-nilai perjuangan khususnya generasi muda sebagai motivasi untuk meningkatkan kesadaran bela negara,” ucapnya.

Ditambahkan Bobby bahwa pelatihan ini sebanyak 80 orang peserta yang dibagi menjadi 2 (dua) angkatan. Angkatan I dari THL Dinas Pol PP dan Damkar sebanyak 30 orang. Angkatan II dari THL pada OPD di Kabupaten Sijunjung dan Pemuda se Kecamatan Sijunjung sebanyak 50 orang

Sementara instruktur pada pelatihan ini adalah dari Kodim 0310/SS, Polres Sijunjung, Kejaksaan Negeri Sijunjung dan dari Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung, ujarnya.

“Peserta pelatihan ini nantinya juga akan diberikan akomodasi selama melaksanakan kegiatan, Atk dan penggantian uang transportasi,” tambah Bobby Roespandi. andri
editor; saptarius