Empat Petakraw Sumbar Wakili Indonesia di Ajang IABC Cina

544

JURNAL SUMBAR | Padang — Anak muda Sumatera Barat yang terus menggeluti cabag olahraga Sepaktakraw terus meningkatkan keterampillanya. Trampil bermain sepaktarak, empat petakraw andalan Sumbar, terbang ke Qindau Cina untuk berkompetisi di ajang International Asian Beach Championship Sepaktakraw, yang berlangsung 7 hingga 13 Juli 2019.

Empat petakraw tersebut adalah Rolly Afriandi, Zulfahmi, Rino Dewantara dan Zebrian. Keempat petakraw Sumbar itu didampingi langsung Ketum PSTI (Persatuan Sepaktakraw Indonesia) Pengprov Sumbar, Syafrizal Bakhtiar, Syauqi (manajer) dan Syahril Bais (pelatih).

Menurut Syafrizal, yang juga mantan petakraw itu, permainan sepak takraw diperlukan kemampuan dan kelincahan seluruh tubuh terutama bagian kaki, agar gerakan yang dihasilkan dapat maksimal.

Dikatakannya, dengan tampilnya empat petakraw Sumbar di ajang International Asian Beach Championship (IABC), yang merupakan ivent sepaktakraw dunia yang direkomendasikan Presiden ASTAF (Association Sepaktakraw Asia), pelatih dapat melihat kemampuan smesh mereka, karena smash sangat penting dalam bermain sepak takraw.

“Banyak poin diperoleh dari teknik ini. Biasanya gerakan smash dilakukan dengan teknik sepak telapak kaki yaitu seluruh kekuatan berada dipergelangan kaki. Teknik ini juga dapat digunakan untuk menjangkau bola yang jauh dan juga menahan smash lawan,” terang Syafrizal.

Syafrizal menambahkan, pihaknya berterimakasih kepada Presiden ASTAF yang telah menunjuk Pengprov PSTI Sumbar, dengan penunjukan itu tim inti Sepaktakraw Pra PON 2019 Sumatera Barat dapat juga memanfaatkan sebagai ajang melatih mental menjelang Pra PON yang akan berlangsung 2 hingga 6 Agustus 2019 mendatang. (Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here