Ketua DPRD Sumbar Terima Audiensi Pengurus ICMI Sumbar, Silatnas Awal Desember Digeber

159

JURNAL SUMBAR | Padang – Majelis Pengurus Majelis Pengurus Organisasi Wilayah (Orwil) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumbar yang beraudiensi dengan Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim yang mengusung ranah Minang untuk tuan rumah Silaturrahmi Nasional (Silatnas) ICMI tahun 2019 di Kota Padang, Kamis (4/7) mendapat dukungan penuh. Pemerintah Provinsi Sumbar cq DPRD Sumbar berjanji akan memfasilitasi Silatnas ICMI tersebut dengan catatan berdampak ekonomi bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), medio Desember mendatang.

Ketua Majelis Pengurus Organisasi Wilayah (Orwil) ICMI Sumbar, Musliar Kasim mengatakan, ditunjuknya Sumbar sebagai tuan rumah Silatnas ICMI tahun 2019 diyakini akan bermanfaat ekonomi bagi rakyat Sumbar. selain diharapkan dapat menggairahkan perekonomian juga bermanfaat bagi sejumlah destinasi wisata di ranah Minang.

“Pemerintah bisa memanfaatkan ajang yang akan dihadiri oleh sekitar 2.000 peserta dari seluruh provinsi di tanah air ini dengan mempromosikan sejumlah destinasi wisata seperti Kawasan Mandeh, Pantain Air Manih dan Harau dan lainnya,” ujarnya.

Musliar Kasim, yang akrab disapa Pak Mus ini mengungkapkan, perbedaan pelaksaaan tahun ini dimana akan ditampilkan inovasi-inovasi baru hasil karya cendikiawan-cendikiawan muslim dan inovator muslim dari seluruh provinsi di Indonesia. “Karya mereka ini akan kita tampilkan nanti selama acara berlangsung di Kota Padang,” kata Musliar kepada wartawan saat jumpa pers usai audiensi di Gedung DPRD Sumbar, Kamis(4/7).

“Selain dihadiri cendikiawan muslim di tanah air, kita juga mengundang dua orang Sumbar yaitu Irwandi Jaswir dan Dekan di Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia. Irwandi Jaswir adalah orang Minang yang mendapat penghargaan dari Kerajaan Arab Saudi,” terangnya.

Lebih lanjut Musliar menjelaskan, Silatnas ICMI telah digelar 29 tahun yang lalu, belum pernah dilaksanakan kegiatan menampilkan karya-karya buatan cendikiawan Muslim sendiri. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong atau memotivasi agar lebih banyak cendikiawan Muslim yang melahirkan inovasi-inovasi baru. Untuk pelaksanaan acara yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden RI ini, pengurus Orwil ICMI Sumbar mempercayakan kepada Ketua Harian Orwil ICMI Sumbar, Ganefri yang sekaligus Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai ketua pelaksana kegiatan ini.

Dalan kesempatan yang sama, Ganefri mengatakan, peserta yang dihadiri sekitar 2.000 orang dari seluruh provinsi di tanah air ini sebagai ajang untuk memperkuat silaturrahmi antar cendikiawan Muslim Indonesia pasca Pemilu 2019. “Acaranya bertempat di auditorium UNP,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim usai menerima pengurus Orwil ICMI Sumbar mengatakan, DPRD Sumbar mengapresiasi kegiatan tersebut, terlebih acaranya dilaksanakan di Kota Padang. Menurut Hendra, Silatnas ICMI yang diadakan di Kota Padang akan memberikan dampak besar terhadap kehidupan keberagamaan di Sumbar. Pelaku UKM dan UMKM juga akan merasakan langsung dampak dari kegiatan tersebut. (Agusmardi)