Menjanjikan, Keltan Binaan Kapten Syamsinir Kembangkan Serai Wangi

1013

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Tanaman Serai Wangi yang dikembangkan kelompok tani (Keltan) Rizkullah milik Kapten Kav Syamsinir menggunakan pupuk bios 44 cukup memuaskan. Demikian dijelaskan Kapten Kav Syamsinir kepada jurnalsumbar.com di Batusangkar, Rabu (24/7).

Serai Wangi yang ditanam seluas 2 hektar,  April 2019 di demplot Koramil 07/Rambatan di jorong Panti nagari Rambatan kecamatan Rambatan Tanah Datar, sebut Syamsinir, Senin (1/7) sudah dilakukan panen perdana oleh Komandan Kodim Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S Harahap, SPd.

Dalam panen perdana, satu hektar ditanam 10.000 rumpun dengan hasil 10 ton daun serai. Daun serai diolah menjadi minyak serai dengan harga Rp 200.000,-/ kg dijual ke Padang. “Minyak serai bisa untuk bahan pembuatan sabun, obat-obatan, minyak gosok, kosmetik dan kebutuhan lain,” ucap Syamsinir seraya mengatakan keltannya juga membeli daun serai wangi dari masyarakat petani dengan harga Rp 700,-/kg.

Untuk meningkatkan pendapatan masyarakat petani, Kapten Kav Syamsinir mengharapkan kepada pemerintah Tanah Datar bisa memfasilitasi masyarakat petani serai wangi dengan memberikan bantuan guna mengembangkan serai wangi yang memiliki potensi ekonomi menjanjikan.

Dalam menanam serai wangi, ucap Syamsinir ,kita memakai pupuk bios 44 untuk meningkatkan produktivitas serai wangi begitu juga hasil pertanian, perkebunan, perternakan dan perikanan. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here