Miliki 2 Kursi di Parlemen, Perindo Sijunjung Bidik Kandidat Bupati, Ini Syaratnya

416

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Suhu politik Sijunjung, Sumatera Barat, jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang kian panas. Bahkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sijunjung justeru telah membedik lima bursa kandidat bupati.

Tak hanya itu, Partai besutan Harytanoe Sudibyo itu pun telah menentukan beberapa kriteria untuk calon Bupati Sijunjung yang bakal mereka usung. Setidaknya hal itu disampaikan Ketua DPD Perindo Sijunjung, Sasmi Ultriadi kepada awak media, Jumat (5/7/2019 di Sijunjung.

“Seorang calon itu harus memiliki kapasitas dan kapabilitas yang baik. Yang terpenting lagi, kandidat itu harus bisa menggaet APBN dan tidak hanya mengandalkan APBD semata. Kalau APBD hanya seberapa lah, karena lebih dari 50 persen anggarannya habis untuk pegawai. Nah, wajar saja banyak jalan yang rusak dan berlobang,” jelas Sasmi Ultriadi yang juga Ketua KONI Sijunjung itu.

Ditambahkannya, menjadi pemimpin harus bisa menggali potensi sumber daya alam (SDA) dan tentunya juga harus bisa melobi investor dan bisa membangun secara bersama di Sijunjung dengan seluruh lapisan terkait termasuk dengan para parpol yang mengusungnya.

“Sebab, masyarakat akan menopang harapan kehidupan terhadap pemimpin itu. Kandidat bupati itu harus bisa bergaul dan bermasyarakat dan dekat dengan rakyat sehingga masyarakat tidak akan merasa sungkan pada bupatinya,” jelas Ultriadi yang juga mengantongi dua kursi di Parlemen Sijunjung.

Arti kata, ucap Ultriadi, bupat-bupati sebelumnya bukan tidak baik. “Tapi, kedepannya calon bupati itu harus lebih baik lagi. Selain itu, sebagai bupati jangan dijadikan beban pekerjaan, tapi jadikanlah sebagai pengabdian. Sebab, kalau dijadikan beban pekerjaan maka akan ada imbalan,” tandas pengusaha muda yang kini dipercaya duduk di kursi Parlemen Sijunjung untuk masa bakti 2019-2024 itu berwanti-wanti.

Setidak ada lima kandidat yang dibidik Partai Perindo Sijunjung. Diantaranya terdapat nama Syafrizal (Kabiro Umum Kemenag RI), Arrival Boy (Wabup Sijunjung), Liswandi (Anggota DPRD Sumbar), Benny Dwifa Yuswir (Kepala Bapppeda Sijunjung) dan Ashelfine “Pepen” (Ketua DPD PAN Sijunjung). “Mereka itu sangat pantas dan layak untuk memimpin Sijunjung,” papar Ultriadi.

“Satu lagi, kami berharap kedepannya partai jangan hanya dijadikan untuk mengantar kandidat sebagai bupati saja. Tapi jadikanlah sebagai komunikasi dan bekerjasama untuk membangun Sijunjung Maju dan Sijunjung Jaya sesuai Mars Sijunjung itu. Basamo mangko manjadi. Ayo, kita bersama membangun Sijunjung,” imbuh Ultriadi. saptarius