Penyelenggara Beasiswa PMDSU, Kemenristekdikti Tunjuk UNP

176

JURNAL SUMBAR | Padang – Perguruan tinggi Indonesia diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa, agar ada peningkatan jumlah dan kualitas publikasi internasional. Universitas Negeri Padang (UNP) untuk pertama kali dan satu-satunya LPTK di Indonesia terhitung sejak bulan Juni 2019 diberi kepercayaan oleh Kemenristekdikti menjadi institusi penyelenggara pendidikan melalui jalur beasiswa PMDSU (Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul).

Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD mengatakan tujuan beasiswa PMDSU Kemenristekdikti dalam upaya meningkatkan jumlah dosen bergelar doktor (S3). Terpilihnya UNP sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara PMDSU adalah hasil penilaian yang ketat oleh Tim Visitasi Kesiapan Institusi Penyelenggara dari Kemenristekdikti.

“Program yang sudah dimulai sejak tahun 2013 yang lalu telah memasuki batch V. Pelaksanaan PMDSU baru pada Program Studi S3 Ilmu Pendidikan dan S3 Pendidikan Teknologi Kejuruan. Untuk saat ini berdasarkan Panduan PMDSU 2019, sedang proses Pendaftaran secara online di pada bula Juni-Juli 2019 ini, sedangkan proses pendidikan akan dimulai September 2019. Di samping itu rentang waktu studi Program Beasiswa PMDSU untuk menempuh program pendidikan Magister dan Doktor selama 48 bulan (4 tahun),” jelasnya.

Ganefri mengungkapkan, pada tahun 2019 ini, penyelenggaraan Beasiswa PMDSU telah memasuki angkatan kelima (PMDSU batch V). Sebanyak 16 perguruan tinggi yang ditugaskan oleh Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti. sebagai penyelenggara Beasiswa PMDSU batch V. Adapun perguruan tinggi penyelenggara Beasiswa PMDSU batch V yaitu Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Padang dan Universitas Udayana.

Ganefri menambahkan, dari 16 PT yang ditugaskan tersebut melibatkan 151 orang promotor yang dapat dipilih oleh pelamar Beasiswa PMDSU batch V. Termasuk Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph. D dan Prof, Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd yang juga WR IV, merupakan calon promotor yang dipercayai Dikti untuk membimbing mahasiswa jalur PMDSU tersebut.

“ Mulai tahun ini kita diberi banyak kesempatan penyelenggara beasiswa untuk studi lanjut di UNP, yaitu; beasiswa PMDSU di samping itu pemerintah juga memberikan beasiswa LPDP dan BPPDN untuk program Magister dan doktor pada beberapa program studi di UNP”, ujar Prof Ganefri, Kamis (11/7). Sementara untuk calon mahasiswa dapat mengaksesnya di situs masing-masing beasiswa tersebut. (Sumber: Humas UNP)