Dilaunching, Batik Mande Rubiah akan Dipromosikan di Yordania dan New York

1157

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Batik Mande Rubiah dilaunching menuju Pesisir Selatan menjadi Sentra Batik di Sumatera Barat sebagai batik khas Pesisir Selatan. Hasil karya Rang Pasisia itu dilaunching, Sabtu (24/8/2019) di rumah dinas Bupati Pesisir Selatan di Painan.

Acara launching batik Mande Rubiah dihadiri langsung Hj. Rakinah Mande Rubiah beserta keluarga, Ketua TP-PKK Hj. Lisda Hendrajoni, Dr. Pramono, Filolog (peneliti naskah kuno) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas serta kepala perangkat daerah dan camat se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada acara launching, juga dipamerkan beberapa lembar batik Mande Rubiah serta peragaan batik oleh model dari Uni dan Uda Pesisir Selatan tahun 2019.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, dalam kesempatan itu menegaskan, batik Mande Rubiah memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan batik lainnya, karena dia mengandung nilai estetika budaya dan sejarah.

Sebagaimana diketahui, motif batik Mande Rubiah, bersumber dari iluminasi ragam hias yang ada dalam naskah kuno yang tersimpan di rumah gadang Mande Rubiah.

”Batik Mande Rubiah memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan batik lainnya,” kata Hendrajoni

Bupati menyampaikan, segenap masyarakat memiliki kewajiban untuk ikut mempromosikan batik khas Pesisir Selatan, seperti batik Mande Rubiah, serta juga ada batik Loempo.

Bahkan, bupati menghimbau para pejabat, pegawai negeri (ASN), guru, siswa memakai batik khas Pesisir Selatan.

“Pejabat beserta keluarganya harus memakai batik Mande Rubiah,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Lisda Hendrajoni, selaku Ketua Kerajinan Nasional (Dekranasda) menyatakan, pihaknya akan terus mengembangkan batik khas Pesisir Selatan, karena daerah ini kita memiliki kekayaan historis sejarah tentang batik.

Dengan modal tersebut Dekranasda bertekat menjadikan Pesisir Selatan, sebagai sentra batik Sumatera Barat.

Ditambahkan, dalam mempromosikan batik Mande Rubiah, pada bulan depan pihaknya bersama Bupati Hendrajoni, akan promosikan di Yordania pada tanggal 29 dan 30 Agustus mendatang.

Selain itu, batik hasil home industri Dewi Busana Lunang, bakal ikut meramaikan New York Fashion Week ( NYFW) September mendatang. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here