KGB Sijunjung Launching Buku Perdana dan Temu Guru Penulis

191

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Komunitas Guru Belajar (KGB) Sijunjung Launching buku perdana bunga rampai pendidikan dengan judul “Guru menjawab tantangan abad 21″ sekaligus temu guru penulis Kabupaten Sijunjung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat pada Jum’at (2/8/2019).

Acara itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH.MM, Kepala Bidang SMP, Yulius Maleni, Kasi Kurikulum Bidang SD, Erianto, Kasi Kurikulum PAUD, Delvianti Basri, SE, Ketua KGB Sijunjung, Sri Hastuti, M.Pd Kepala Sekolah dan guru anggota KGB Sijunjung.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ramler, SH. MM pada kesempatan itu memuji hasil karya dari KGB yang telah menerbitkan buku pertama ini.” Orang yang rajin menulis berarti orang pintar, pasti buku yang ditulis ini semuanya bagus. Mudah mudahan ini bisa berkembang dan kita pasarkan keluar daerah nantinya, “ucapnya.

Kadis Ramler juga berpesan kepda KGB Sijunjung agar selalu menjaga kekompakan, persatuan dan kembangkan karya tulisnya ini. ” Saya yakin guru guru di Sijunjung tidak kalah oleh guru guru daerah lainnya, untuk itu terus jaga persatuan dan kekompakan, kalau kita bersama sama saya yakin kita akan mencetak banyak buku lagi,”ujarnya.

“Jangan sampai bosan menulis, tingkatkan karyanya dan tingkatkan terus komunitas ini, sering sering lah diadakan pertemuan, bagi kawan kawan yang ingin belajar terus dibantu agar terciptanya banyak penulis di Kabupaten Sijunjung ini,”harap Ramler.

Ketua Komunitas Guru belajar (KGB) Sri Hastuti M.Pd dikesempatan itu menyampaikan tentang KGB dan pengenalan guru penulis dengan diiringi penampilan slide kegiatan serta buku buku yang telah ditulis oleh guru guru Sijunjung.

” Komunitas Guru Belajar adalah komunitas pendidik untuk berdiskusi dan berbagi praktik cerdas pengajaran dan pendidikan yang diinisiasi oleh kampus guru cikal,”ucapnya.

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan KGB Sijunjung pada stakeholder di Dinas Pendidikan dan Guru Sijunjung, mempublikasikan produk buku Bunga Rampai hasil tulisan kumpulan guru Sijunjung yang berasal dari berbagai sekolah dan lintas jenjang dan memiliki data guru yang telah menerbitkan buku serta tempat bertemu dan berkumpulnya guru penulis di Sijunjung.

” Peserta yang tergabung dalam KGB pada saat ini sebanyak 26 orang yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan, dari Paud hingga SMA/ SMK,” lanjut Sri Hastuti yang juga menjabat Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK 2 Sijunjung.

Sekretaris KGB, Novi Edmawita, S.Pd menyampaikan sinopsis buku Bunga Rampai, “Bunga Rampai ini adalah kumpulan artikel yang ditulis oleh 26 orang guru yang tergabung dalam KGB Sijunjung dari tingkat Paud hingga SMA/SMK dilingkungan Kabupaten Sijunjung,”ucapnya.

“Tulisan dalam buku ini terbagi 4 bagian yaitu, bab I tentang pendidikan abad 21 dengan 8 judul, bab II tentang Paud dengan 6 judul, Bab III tentang guru pembelajar dengan 7 judul dan bab IV tentang inovasi pembelajaran dengan 9 judul,”jelas Novi yang juga guru SDN 13 Muaro ini.

Novi juga menginformasikan bahwa pada penyusunan buku yang kedua nanti telah bergabung sebanyak 40 orang guru yang siap berkarya,” Insyaallah buku ke dua ini siap dirilis pada peringatan hari guru pada bulan November mendatang,” kata nya.andi
editor; saptarius