Wapres JK Tinjau Pembangunan UIII di Depok, Ini Kata “Syafrizal” Kabiro Umum Kemenag RI

169

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) pada Kamis (22/8/2019) meninjau pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Setiba di lokasi, JK langsung mendengarkan pemaparan dari petugas proyek pembangunan kampus di tiga titik termasuk berkesempatan dialog bersama Kabiro Umum Kemenag RI, Drs Haji Syafrizal,MSi Intan Kayo selaku PPK.

Pada pemantauan dan peninjauan pembangunan UIII di lokasi itu, Wapres JK didampingi Menteri PAN-RB Syafruddin, Menag Lukman Hakim Saifuddin, dan Menkominfo Rudiantara.

“Wapres dan rombongab tiba di UIII sekitar pukul 08.30 WIB. Rombongan juga disambut Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan turut hadiri Rektor UIII, Komaruddin Hidayat,”jelas Syafrizal yang juga kandidat Calbup Sijinjung, Sumatera Barat itu.

Di lokasi UIII itu, kata Syafrizal, Wapres JK meninjau tiga titik di kampus UIII. Seperti pembangunan pagar keliling dan infrastruktur kawasan kampus UIII, perumahan dosen, dan asrama mahasiswa. Kemudian Wapres JK juga mendengarkan pemaparan dari Genderal Manager Departemen Bangunan Gedung Asrama Kampus UIII, Yulianto.

“Di atas asrama, di bawah adalah rumah dosen untuk paket sekarang kita kerjakan baru 9 rumah dosen,” kata Yulianto menjelaskan progres pembangunan kehadapan Wapres JK.

“Saat ini progres (pembangunan asrama) sudah mencapai sekitar 45 persen dari rencana 38 persen,” lanjut Yulianto.

“Ini asrama dan ruangan?” tanya JK sambil menunjuk desain bangunan yang ada di display proyek.

“Iya, asrama dan ruangannya ini, Pak,” jawab Yulianto.

“1 kamar 1 mahasiswa?” JK lanjut bertanya.

“Iya (luar ruangan) 15 meter. Kita sudah selesaikan beberapa unit juga,” ucap Yulianto.

“Satu ruangan itu 15 meter untuk satu mahasiswa, dan ada balkon 4 meter persegi. Itu juga sudah cukup nyaman,” imbuh Yulianto seperti dikutif detik.com.

JK kemudian melanjutkan peninjauan ke titik selanjutnya yaitu proyek pembangunan gedung rektorat, fakultas, kawasan 3 pilar kampus UIII paket I. Selama kurang lebih 1 jam JK melakukan peninjauan di lokasi.

Kabiro Umum Kemenag RI, Syafrizal, menyebutkan, bahwa peletakan batu pertama dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 5 Juni 2018. Pembangunan kampus itu menelan dana hingga Rp 3,9 triliun.

Jokowi saat itu didampingi Warpes JK, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendikbud Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakapolri Komjen Syafruddin, dan duta besar sejumlah negara.

Jokowi mengatakan pembangunan kampus ditargetkan selesai 4 tahun. Namun, mulai 2019, kampus sudah dapat digunakan untuk beberapa jurusan. Sementara itu, Jokowi menunjuk Prof Komaruddin Hidayat sebagai Rektor UIII. saptarius/detikcom