Bumnag Sinar Silaut dan Lunang Bersatu Pessel Dapat Bantuan Mobil 

70

JURNAL SUMBAR | Painan – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, menyerahkan empat unit mobil pick up kepada dua Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag), Senin (16/9/201) usai upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2019, di halaman kantor bupati setempat.

Empat unit mobil pick up tersebut diserahkan masing masing dua unit kepada Bumnag Lunang Bersatu Kecamatan Lunang dan Bumnag Sinar Silaut Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Keempat mobil tersebut merupakan bantuan hibah dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Bidang Transportasi Tahun anggaran 2019.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua Bumnag Lunang Bersatu, Amrizal B, dan Ketua Bumnang Sinar Silaut, Untung Sugiarto, dengan juga didampingi camat masing-masing. 

Bupati Pessel, Hendrajoni usai penyerahaan bantuan itu mengatakan  bahwa tahun ini ada 4 unit mobil pick up yang disalurkan kepada Bumnag yang dinilai sukses dan berhasil dalam melakukan pengembangan usahanya.

“Bantuan hibah yang diberikan kepada dua Bumnag ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memaksimalkan pengelolaan usaha yang dilakukan oleh masyarakat pada dua nagari di dua kecamatan yang berbeda,” katanya.

Melalui kehadiran 2 unit mobil pick up itu, dia berharap mobilisasi hasil produksi masyarakat petani dan pekebun di dua kecamatan itu akan lebih lancar lagi.

Namun lebih dari itu, dia  juga berharap berbagai usaha usaha yang dikembangkan oleh masing-masing Bumnag di dua kecamatan itu akan semakin berkembang pula.

“Sebab bantuan hibah berupa 2 unit mobil itu memang bertujuan untuk menunjang bidang usaha yang digeluti oleh Bumnag,” jelasnya.

Ditambahkanya bahwa aset yang memiliki nilai cukup besar itu agar juga bisa dijaga, dan juga dikembangkan.

“Sebab memang itu tujuan yang diharapkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Camat Silaut, Syamwil yang juga hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Bumnag Sinar Silaut memang terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.

“Karena kemajuan itu, sehingga sangatlah pantas tahun ini mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ungkapnya.

Dijelaskanya bahwa tahun 2018 lalu, Bumnag tersebut juga telah mendapat bantuan sebanyak 3 unit mobil.

Berkat bantuan itu, sehingga mobilisasi masyarakat, serta juga mobilisasi hasil produksi pertanian warga yang berasal dari program transmigrasi tahun 80 an itu semakin lancar.

Hal yang sama juga dikatakan Camat Lunang, Mukhtar Is yang juga ikut mendampingi penyerahan bantuan kepada Bumnag Sinar Silaut.

“Dengan juga kembali diterimanya bantuan mubil ini oleh Bumnag Lunang Bersatu kecamatan Lunang, maka Bumnag ini telah memiliki 5 unit mobil pula,” jelasnya.rega desfinal
editor; saptarius