Diikuti 519 Pecatur Sumatera-Jawa, Bupati Yuswir Arifin Resmi Buka Kejuaraan Catur Terbuka

175

JURNAL SUMBAR | Sebanyak 519 orang peserta dari 13 Provinsi dan 42 Kabupaten/Kota se Indonesia ikut ambil bagian pada Kejuaraan Catur Terbuka Bupati Sijunjung CUP V Non Master Tahun 2019.

Kejuaraan tahunan yang digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora), KONI dan PERCASI Sijunjung ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada Jum’at sampai dengan Minggu, 20 s/d 22 September 2019

Kejuaraan yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp65 juta ini, dibuka Bupati Sijunjung Yuswir Arifin yang ditandai dengan melakukan satu langkah pertama permainan catur cepat di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung pada Jum’at 20 September 2019.

Bupati Yuswir Arifin pada kesempatan itu tidak lupa mengucapkan selamat datang kepada para peserta, pelatih dan ofisial pengkab/pengkot PERCASI se Sumatera Barat dan Pengprov PERCASI se Sumbar serta Pengprov PERCASI se Indonesia di Sijunjung, Nagari Lansek Manih,Negeriku tercinta.

Semoga kejuaraan catur terbuka Bupati CUP V ini dapat memberikan ruang bagi peserta untuk mengukir prestasi dari waktu ke waktu dan sekaligus kami berharap kiranya kejuaraan catur terbuka Bupati CUP V ini dapat berkontribusi dalam memajukan olahraga catur baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

Pemerintah Kabupaten Sijunjung saat ini masih tetap mengambil bagian menyelengarakan kejuaran Catur Non Master ini yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pada banyak pemula untuk menambah jam terbang dalam pertandingan di berbagai event dengan harapan agar para Non Master ini dapat menjadi pecatur master dikemudian hari

Kejuaraan Catur Terbuka Bupati Sijunjung CUP V ini tahun ketahun akan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya, penyelenggaraan maupun total hadiahnya, sehingga
diharapkan pesertanya tidak hanya pecatur Non Master akan tetapi juga terdiri pecatur master.

Mudah mudahan melalui ivent yang baik ini akan dapat memperluas minat masyarakat untuk berolahraga, khususnya olahraga catur sehingga kedepan dapat muncul master master Indonesia baru yang mudah-
mudahan berasal dari peserta kejuaraan ini memberikan dampak langsung

Ketua PERCASI Kabupaten Sijunjung, Ir. Yulizar, MP selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa kejuaraan catur Bupati CUP V Non Master tahun 2019 ini selain sebagai ajang silaturahmi juga dalam rangka memeriahkan HAORNAS di Kabupaten Sijunjung.

Kejuaraan ini juga untuk memperbanyak pengalaman atau jam terbang bertanding dalan event tingkat Nasional bagi atlit catur di Kabupaten Sijunjung dan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi terhadap perkembangan kemampuan teknis maupun psikologis dalam pembinaan catur yang telah ilaksanakan selama inj khususnya di Kabupaten Sijunjung.

Jenis yang dipertandingkan adalah catur cepat 25 menit dengan maksimal 9 babak,khususnya senior putra dan lainya menyesuaikan.

Kelas yang dipertandingkan ada 8 kelas, Senior putra dan putri, SLTA putra dan putri, SLTP putra dan putri, SD kelas 1,2,3 putra dan putri serta SD kelas 4,5,6 putra dan putri.

Peserta yang mendaftar sebanyak 519 dari 13 Provinsi pada 42 Kabupaten/Kota, ke 13 Provinsi ini diantaranya Sumbar, Sumsel,Aceh, Sumut, Jambi, Riau, Bengkulu, Kepri, DKI Jakarta, Jabar, Papua dan Sulawesi Utara.

Hadir pada kejuaraan Catur tersebut, unsur Forkopimda,Ketua Percasi Sumbar beserta pengurus, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD, Ketua KONI, Pengkab dan Pengkot Percasi Sumbar, serta Para atlit, Pelatih, Official Kejuaraan Catur Terbuka Bupati Sijunjung CUP V Yang datang dari Berbagai Kabupaten/Kota Baik dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.andri
editor;saptarius