Festival Pamalayu Dorong Pengusaha Travel Lokal,Wismarianto : “Tabuka Pangana dek Festival Pamalayu”

91

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Wismarianto Panggilan Onga adalah salah satu dari sederet warga Siguntur yang terinspirasi lantaran adanya Festival Pamalayu. Sosok yang aktif dalam kepemudaan itu memandang Festival Pamalayu dalam kacamata bisnis. Itulah sebabnya, Onga memilih membuka usaha travel untuk dikembangkan di Nagari Siguntur, Kabupaten Dharmasraya.

Menurut Wismarianto, Festival Pamalayu buming sampai negeri jiran. Publikasi yang terstruktur rapi telah membumingkan Festival Pamalayu dengan ikon sejarah masa lalu Kerajaan Malayu. Dengan naiknya popularitas kejayaan masa lalu kerajaan Malayu, Onga memprediksi banyak orang yang akan berkunjung ke Dharmasraya. Mereka tentu membutuhkan moda angkutan yang nyaman, murah dan tidak bertele tele.

“Insyaalah, kami akan menyediakan moda angkutan sewa berupa minibus sampai bus jumbo,” kata Onga. Jadi siapapun yang datang ke Dharmasraya ingin menikmati objek objek wisata di Dharmasraya, maka Onga bisa dikontak kapan saja. “Insyaalah kita siap,” kata Wismaranto Onga yang mengaku mengendalikan sendiri usaha mobil carteran untuk wisata.

Festival Pamalayu d Dharmasraya akan berlangsung 22 Agustus 2019 sampai 7 Januari 2020. Berbagai agenda akan dilaksanakan pada pesta kebudayaan terakbar dan terlama di Sumatera Barat itu. Di antara agenda yabg populer adalah Arung Pamalayu, talkshow kemaritiman yang akan dilangsungkan pada 23 September ini. Selain itu, agenda besar yang akan dilaksanakan adalah pesta rakyat tujuh hari tujuh malam.

Disamping masyarakat lokal, Festival Pamalayu diprediksi akan dihadiri oleh masyarakat dari beberapa kabupaten di sekitar Dharmasraya, seperti Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Sijunjung dan juga Kabupaten Kuantan Singingi.humas
editor; saptarius