HUT Pramuka Ke-58, Bupati Irdinasyah Dianugerahi Penghargaan Kwartir Nasional dan Negeri Sabah Malaysia

106

JURNAL SUMBAR | Tanah Datar – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi memperoleh penghargaan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Pingat yang Dipertua Majlis Pengakap Negeri Sabah Malaysia yang diterima saat Apel Besar Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-58 Tahun 2019 Tingkat Kwarda 03 Sumatera Barat, Sabtu, (14/9/2019) di Bumi Perkemahan di belakang Istano Basa Pagaruyung.

Penghargaan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang ditandatangani Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso diberikan berupa Lencana Darmabhakti yang disematkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno atas dedikasi dan dukungan yang besar serta memberikan manfaat atas berkembang dan terlaksananya gerakan pramuka, khususnya di Tanah Datar.

Sementara penghargaan Pingat yang Dipertua Majlis Pengakap Negeri Sabah ditandatangani Ketua Pengakap Negeri Sabah Malaysia yang amat terhormat Datuk Seri Panglima Haji Mohd. Safie Bin Haji Apdal juga diberikan atas dedikasi dan jalinan silaturahmi yang sudah terjalin baik selama ini.

Dalam sambutannya Bupati Irdinansyah Tarmizi yang juga Ketua Mabicab Tanah Datar ini menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang dianugerahkan kepadanya. “Terima kasih atas kepercayaan dan penilaian Kwarnas Gerakan Pramuka terhadap kami, dan juga kepada Kakak dari Malaysia, semoga kekerabatan antara kita semakin baik di masa datang, dan memang kami melihat kepramukaan merupakan suatu program kepemudaan yang mempunyai efek positif, karenanya pemerintah daerah selalu dan akan tetap mendukung kegiatan ini,” sampainya.

Bupati Irdinansyah di kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan memilih Bumi Perkemahan (Bumper) Pagaruyung dan permohonan maaf apabila berbagai kekurangan dalam melayani para tamu yang hadir di acara itu semenjak dimulai pada Rabu lalu dengan kegiatan Giat Prestasi Daerah Tingkat Kwarda Sumatera Barat yang dibuka Wakil Bupati Zuldafri Darma. “Mohon maaf kalau ada kekurangan dalam pelayanan, tentu ke depan kami pemerintah daerah senantiasa akan terus berupaya memperbaiki berbagai kekurangan yang ada,” tambah Bupati.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka yang diwakili Wakil Ketua Bidang Perencana dan Pembangunan Jana Tjayana Anggdireja menyampaikan pendidikan kepramukaan akan masuk dalam prioritas pembangunan nasional.

“Khabar menggembira bagi kita semua, dalam RPJMN 2020-2014, Alhamdulillah pendidikan kepramukaan sudah masuk di dalamnya, termasuk pada prioritas pembangunan nasional nomor empat dan prioritas program nomor satu serta prioritas kegiatan nomor satu. Upaya yang sudah lama kita upayakan berhasil kita laksanakan di mana untuk lima tahun pemerintah memprioritaskan pembanguan sumber daya manusia,” sampainya.

Selepas itu Wagub Sumbar Nasrul Abit selaku ketua Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat mengungkapkan, berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh Kwarda dalam menyambut HUT Gerakan Pramuka ke 58. “Berbagai kegiatan telah dilaksanakan, seperti perangi sampah plastik di pantai padang, donor darah dan beberapa kegiatan lainnya dan untuk berkemah kita pusatkan di Bumper Pagaruyung Batusangkar ini,” sampainya.

Sementara itu Gubernur Irwan Prayitno yang bertindak selaku pembina upacara dalam sambutannya mengungkapkan, apresiasi dan penghargaan kepada seluruh peserta dalam meriahkan HUT Gerakan Pramuka. “Sesuai tema HUT Gerakan Pramuka ke 58 Tahun 2019 ini, Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, maka kita yang tergabung dalam gerakan pramuka ini bisa menjadi salah satu unsur wujudkan keutuhan kesatuan Negara kita,” ujarnya.

Dan untuk pelaksanaan yang diikuti pramuka penggalang se-Sumatera Barat dan delegasi pramuka Kalimatan Barat, Serawak dan Sabah Malaysia ini, tambah Gubernur, atas nama Pemerintah Provinsi menyampaikan terima kasih atas pelayanan, sambutan dan fasilitasi tuan rumah dan apresiasi terhadap pihak panitia penyelenggara yang sudah bekerja keras untuk suksesnya acara ini.

Penghargaan lencana Darmabhakti juga diserahkan kepada Anton Yondra (Ketua Kwarcab Tanah Datar), Eka Putra Wirwan (Anggota Mabida Sumbar), H. Syahruddin (Anggota Mabida Sumbar), H. Amrel Amir (Sekretaris Kwarda Sumbar), Yudhas Sabagalet (Ketua Mabicab Mentawai), Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Ketua Mabicab Dharmasraya), Irman (Wakil Ketua Kwarda Sumbar), H. Arival Boy (Ketua Kwarcab Sijunjung), Kortanius Sabeleake (Ketua Kwarcab Mentawai) dan Edwarsyah Ramli (Wakil Ketua Kwarda Sumbar).

Dalam acara itu, turut dihadiri Pengurus Kwartir Nasional, Kwarda Sumatera Barat dan Kwarcab Tanah Datar, Bupati/Walikota se-Sumbar, Forkompida, Sekretaris Daerah Tanah Datar, Kepala OPD, dan undangan lain – Adv