Kabut Asap Selimuti Kabupaten Sijunjung, BPBD Siagakan 20 Ribu Masker

137

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sepanjang Senin (16/9/2019) kabut asap pekat mulai menyelimuti sejumlah nagari di Kecamatan Kamangbaru, Tanjungqgadang, dan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Kabut asap tebal menggumpal terlihat diwilayah Kecamatan Kamangbaru dan Kecamatan Tanjunggadang. Bahkan sesekali juga tercium bau belerang.

Jarak pandang hanya kisaran 800 meter. Sebagian pengendara roda dua terpantau ada yang menggunakan masker dan ada yang tidak pakai masker.

Kabut asap yang menyelimuti Kamangbaru itu sudah berlangsung sejak sepekan ini. “Sekitar dua hari kabut kian tebal dan pekat,”ujar beberapa warga di daerah itu berharap adanya pembagian masker dari Pemkab Sijunjung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung, Hardiwan, SIP, mengakui belum membagikan masker ke daerah Kamangbaru.

“Kami masih menunggu laporan anggota di Kamangbaru. Meski begitu, melalui PMI kami sudah menyiapkan 20 ribu masker,”jelas Hardiwan,SIP, kepada awak media, Senin (16/9/2019) malam.

Menurut Hardiwan, sebelumnya BPBD Sijunjung telah membagi-bagikan 2500 lembar masker kepada masyarakat secara gratis.”Masker yang dibagikan tersebut berasal dari BPBD Sijunjung 2000 masker dan 500 masker berasal dari Dinas Kesehatan Sijunjung,”terang Hardiwan.

Disebutkan Hardiwan, tingkat indeks pencemaran udara (Ispu) di Sijunjung masih 123 dan masih aman. Namun jika Ispu sudah 150 baru dikatakan berbahaya, masih aman untuk anak-anak mengikuti proses belajar mengajar,”tambah Hardiwan.saptarius