TNI Korem 032/Wbr, Peduli Lingkungan dan Bantu Kesulitan Rakyat

816

JURNAL SUMBAR | Padang – TNI dan Rakyat adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses lahirnya Bangsa dan juga dalam melanjutkan pembangunan bangsa. Dalam kaitan tersebut Korem 032/Wbr terus melakukan berbagai upaya dalam membantu mengatasi kesulitan Rakyat khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu upaya yang dilakukann Korem 032/Wirabraja menawarkan solusi untuk kekurangan air bersih di Sumatera Barat dengan alat penjernih air yang mampu menyaring limbah dan air laut menjadi air layak konsumsi, pada acara sosialisasi dan demonstrasi penggunaan Mesin Penjernih Air dan Listrik (solar cell) di Lapangan Parkir GOR H Agus Salim Padang, Sumatera Barat.

“Ini bentuk kepedulian TNI atas kondisi sebagian daerah di Sumbar yang masih ada kekurangan air bersih. Alat ini diharapkan bisa memberi bantuan meski sedikit,” kata Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Menurut Danrem konstruksi alat itu dilakukan bekerjasama dengan PT Kharisma Utama hingga bisa menghasilkan air bersih dengan kapasitas 70 ribu liter per hari.

Alat itu langsung diserahterimakan kepada Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Yusnadi untuk dioperasikan membantu warga di daerah Mentawai, Jumat (27/9/2019).

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengapresiasi inovasi yang dilakukan Korem 032/Wirabraja karena akan sangat membantu masyarakat terutama untuk daerah-daerah terluar seperti Mentawai.

Air laut yang diolah dengan alat bisa benar-benar layak minum. Ini bisa sangat membantu penyediaan air bersih bagi daerah-daerah yang sulit. Pulau-pulau terluar juga akan sangat terbantu.

Ia bahkan berencana menganggarkan pengadaan alat itu pada 2020 agar benar-benar bisa memberikan manfaat pada masyarakat.

Direktur PT Kharisma Utama, Agung Darma menyebut alat itu bisa dioperasikan dengan solar panel maupun listrik. Namun kapasitas produksi dua tenaga itu berbeda.

Bila dioperasikan menggunakan solar panel hanya memproduksi 30 ribu liter air bersih sementara jika menggunakan listrik bisa 70 ribu liter per hari.kapenrem
editor;saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here