YSO Adabiah Padang Bagikan 3.500 Masker

1425

Ketua Yayasan Syarikat Adabiah Adabiah Drs. Azmal Zen didampingi pembina pengurus dan pengawas memasangkan masker kepada dokter kecil SD Adabiah Padang, Kamis 19 September 2019.

JURNAL SUMBAR | Padang – Kualitas udara Kota Padang yang makin memburuk membuat Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah turut membagikan masker. Ada 3.500 masker yang dibagikan pada Kamis 19 September 2019. Pemasangan masker secara simbolis dipusatkan di lapangan basket SMP Adabiah Padang.

“Kami membagikan masker ini sebagai bentuk kepedulian atas bencana kabut asap yang sudah melanda Sumbar. Ini wujud perhatian kami kepada peserta didik dan penyelenggara pendidikan di lingkungan YSO Adabiah,” tegas Ketua YSO Adabiah, Drs. Azmal Zen.

Azmal menyebutkan bahwa asap dari daerah tetangga sudah sangat mengkhawatirkan. Adabiah tidak ingin keluarga besarnya menjadi korban bencana kabut asap ini. Makanya yayasan mengambil kebijakan, masker harus dibagikan kepada peserta didik, tenaga kependidikan dan tenaga non kependidikan di lingkungan yayasan.

Sebagaimana diketahui, lembaga pendidikan yang diselenggarakan yayasan mulai dari TK Adabiah, SD Adabiah, SMP Adabiah, SMA Adabiah, SMA Adabiah 2 dan STIA Adabiah. Jumlahnya sekira 3.100 orang. Azmal menegaskan pihaknya menyiapkan 3.500 masker.

“Masker ini untuk aktifitas di luar ruangan. Kita bagikan ini sekaligus untuk memperingatkan bahwa wajib bagi mereka untuk memakai masker sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah provinsi,” ujarnya.

Azmal menyebutkan guru, siswa atau tenaga administrasi banyak pergi dan pulang menggunakan sepeda motor. Mereka kita ingatkan bahkan dengan pembagian masker ini kita wajibkan untuk memakai masker saat berkendara demi kesehatan mereka. Sebab bila partikel-partikel polutan di udara terhirup, maka akan menyebabkan gangguan atau infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Sekaitan kondisi udara beberapa minggu ke depan belum bisa diprediksi, maka, yayasan siap menggelar pembagian masker lanjutan. Menurut Azmal, kebijakan ini sebagai wujud perlindungan kami kepada keluarga besar Adabiah.

“Jika kondisi udara terus memburuk maka yayasan pun siap untuk melanjutkan kegiatan ini. Kita bagikan lagi. Ini wujud kami peduli pada kualitas pendidikan, dan lebih peduli lagi terhadap kualitas kesehatan,” ungkapnya yang didukung oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan Drs. Sulthani Wirman dan Sekretaris YSO Drs. Rustam.

Perlu diingat, katanya, kabut asap bisa menyebabkan bronchitis kronik, radang paru-paru dan gangguan kesehatan pada saluran pernafasan lainnya. Gangguan pernafasan bisa pula menyebabkan seseorang mudah lelah. Untuk itu yayasan ingin mencegah sejak dini keluarga besar Adabiah mengalami akibat buruk dari kabut asap ini.

Dalam pemberian masker secara simbolis pada Kamis pagi itu, masker dipakaikan kepada dokter kecil oleh Ketua YSO Azmal Zen didampingi pembina, pengawas, sekretaris dan kepala sekolah di lingkungan yayasan.ES
editor; saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here