Di Sijunjung, 62 Tenaga Entri Data Nagari Ikuti Workshop Penyusunan dan Pendayagunaan Profil Nagari

258

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 62 orang tenaga entri data nagari/desa se Kabupaten Sijunjung ikuti Workshop penyusunan dan pendayagunaan profil nagari/desa tahun anggaran 2019 gelombang I di Hotel Daima Padang selama tiga hari, dari Senin hingga Rabu (21 s/d 23/10/2019).

Kegiatan yang digelar Aparatur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat ini dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Drs. Syahrial, MM pada Senin malam, (21/10/2019).

Staf Ahli Syahrial dalam sambutannya menyebutkan bahwa program penataan pemerintahan nagari dan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu prioritas visi daerah dalam RPJM. “Ketersediaan data yang valid dan akuntabel merupakan suatu elemen penting dalan perencanaan program program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,”ucapnya.

Perencanaan pembangunan yang tepat dan terarah disetiap level pemerintahan lanjut Syahrial sangatlah bergantung kepada data provil nagari/desa yang akurat dan valid. Hal ini ditegaskan oleh pemerintah dalan UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang menyatakan bahwa perencanaan pembangunan harus didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Untuk itu, pelatihan ini bermaksud untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan wawasan kelompok kerja(pokja)tingkat nagari/desa yang akurat, meningkatkan kemampuan, kemauan, dan keterampilan peserta untuk mengetahui jenis qdan ruang lingkup data profil nagari/desa serta berbagai proses data dan tata cara pengumpulan, pengolahan, analisis, publikasi, dan pendayagunaan data profil nagari/desa,” ujarnya

“Melalui pelatihan ini saya berharap, setiap peserta untuk memperhatikan data fokus pada materi yang disampaikan oleh narasumber dalam kegiatan ini sehingga transfer ilmu dan pengetahuan dapat langsung optimal serta manfaatkan pelatihan ini sebagai media untuk diskusi dan tukar pikiran dalan memecahkan berbagai permasalahan dalam penyusunan dan pendayagunaan data profil nagari/desa,”harap Syahrial.

Sekretaris DPMN, Dasrial, S.Sos dalam laporannya menyampaikan maksud dilaksanakannya workshop ini adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan, keterampilan kepada peserta dan memahami dengan baik peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 12 tahun 2017 sebagai dasar pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan.

“Sedangkan tujuan diselenggarakannya workshop ini adalah untuk mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat, komprehensif, dan integral, serta untuk mendorong perkembangan nagari/desa swadaya dan swakarya menjadi nagari/desa swasembada,”ucap Dasrial.

Workshop gelombang I ini diikuti oleh 62 orang tenaga entri data nagari yang terdiri dari Kecamatan Koto VII, Sumpur Kudus, IV Nagari dan Kecamatan Tanjung Gadang selama tiga hari, dari Senin hingga Rabu (21-23/10/2019).

Sementara 4 Kecamatan berikutnya yaitu, Kecamatan Kupitan, Sijunjung, Lubuk Tarok, dan Kecamatan Kamang Baru akan digelar pada gelombang II dengan 60 orang peserta juga selama tiga hari, yaitu dari Senin hingga Rabu, (28 – 30/10/2019)

Narasumber pada kegiatan ini lanjut Dasrial adalah Mirza Iswandi yang merupakan tenaga ahli dalam bidang profil nagari.

Hadir pada Whorkshop ini Camat se Kabupaten Sijunjung, Kepala Bidang Pemerintahan Nagari, Ayu Bony Dwi Fitha, SSTP.M.Si, Kasi Fasilitasi Kerjasama dan Evaluasi Perkembangan Nagari, Taufik Fadhillah, S.Kom dan Kasi Peningkatan Kapasitas dan Aparatur Pemerintah Nagari, Yulia Astuti, A.Md.andri
editor;saptarius