Market Day”, Upaya Menumbuhkan Jiwa “Entrepreneurship” pada Anak di TK-SD Alam Talago Sawahlunto

226

“Kegiatan ini merupakan kali kedua yang diadakan oleh TKSD Alam Talago untuk semester ini dan dalam setahun bisa empat kali”

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Suasana “Market Day” di TKSD Alam Talago, Sawahlunto, Sumatera Barat, pada Jumat ( 25/10/2019) pagi itu ada keriuhan.

Seluruh warga sekolah (guru, murid, orangtua) berpartisipasi dalam kegiatan “Market Day” tahun 2019.

“Kegiatan ini merupakan kali kedua yang diadakan oleh TKSD Alam Talago untuk semester ini dan dalam setahun bisa empat kali,”kata Delvia Sepniwati,SPd, Kepala SD IT Alam Talago Sawahlunto kepada awak media, Jumat (25/10/2019).

Peserta market day (penjual) kali ini adalah siswa-siswi dari TK hingga siswa-siswi SD. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga sekolah, termasuk orangtua/wali murid.

Dari pagi hari, anak-anak dengan dibantu oleh orangtua dan wali kelasnya, menyiapkan barang dagangannya di booth atau meja masing-masing yang telah ditentukan oleh panitia.  

“Sehari-dua hari sebelumnya, anak-anak dengan dibantu oleh orang tua mereka membuat atau membeli barang-barang yang akan dijual pada kegiatan market day ini,”sebut Delvia.

Dalam hal ini terjadi kolaborasi dan kerja sama serta komunikasi antara anak-anak dengan orang tua mereka. Barang-barang yang dapat dijual dalam kegiatan market day ini adalah aneka jenis makanan, minuman, aksesories, dan ATK (Alat Tulis Kantor).

Kegiatan Market Day ini di pusatkan di lokasi halaman TKSD Alam Talago. Secara resmi kegiatan teresebut dibuka oleh Kepala Sekolah pada pukul 08.00 WIB. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan market day tersebut merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan pada diri anak-anak sejak dini.

“Hal ini selaras dengan tema Market Day tahun ini yaitu Membangun Jiwa Entrepreneurhsip Anak Sejak Dini,”ucap Delvia.

Setelah acara ini dibuka secara resmi, anak-anak menuju daan menempati booth atau meja dagangannya masing-masing untuk memulai kegiatan jual beli. Di dalam kegiatan market day ini, terjadi proses pembelajaran secara langsung.

“Mereka melaksanakan “Learning by Doing” atau belajar dengan cara melakukan langsung. Dengan demikian mereka akan langsung bisa merasakan atau mengalami seluruh proses yang dibutuhkan dalam kegiatan entrepreneurship,” tambah Kepsek TKSD Alama Talago. rilis