Penutupan PKN, Tim Pelajar Sijunjung Tampil Memukau Dihadapan Mendikbud RI

363

“Seniman dan para pemangku kepentingan yang ikut berpartisipasi.
Pertunjukan mengusung tagline. Pertunjukan dari ruang bersama Indonesia bahagia mengangkat nuansa lokal dan kontenporer yang menunjukkan Digdayanya kekuatan budaya Indonesia”

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Akhirnya pada Minggu (13/10/2019), Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang digelar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI itu berakhir sudah.

PKN itu sendiri berlangsung sejak tanggal 7 hingga 13 Oktober 2019. PKN itupun resmi ditutup dengan parade Digdaya Nusantara di Istora Senayan Jakarta, pada Minggu (13/10/2019) malam oleh mendikbud RI Muhadjir Effendy.

Pada malam puncak penutupan PKN Duta Seni Pelajar Sijunjung tak ketinggalan untuk ikut tampil pada pentas bergensi tingkat Nasional bersama dalam gelora Parade Digdaya Nusantara. Pergelaran pertunjukan parade Digdaya Nusantara dengan koreografer Deni Malik ini merupakan pertunjukan kalaboratif yang menampilkan para seniman utusan daerah.

“Seniman dan para pemangku kepentingan yang ikut berpartisipasi.
Pertunjukan mengusung tagline. Pertunjukan dari ruang bersama Indonesia bahagia mengangkat nuansa lokal dan kontenporer yang menunjukkan Digdayanya kekuatan budaya Indonesia,”kata Plt Kepala Bidang Kebudayaan Sijunjung, Syamsul Bahri, S.Pd.MM, kepada awak media Rabu (16/10/2019).

Disebutkannya, keikut sertaan Sijunjung didasari atas Sijunjung merupakan salah satu Penerima Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah ( GSMS ) tahun 2019 dari 64 Kabupaten / kota se Indonesia.

“Tim Kabupaten Sijunjung yang mengikuti Pekan Kebudayaan Nasional Merupakan hasil dari proses dan seleksi dari program Seniman Masuk Sekolah ( GSMS),” ucap Syamsul Bahri.

Dari hasil seleksi tersebut ditetapkan 5 putra dan 5 putri dari sekolah penerima program tersebut. Mereka adalah, Puti Maharani Najmi Abrar dan Muhammad Zaki (SMP 7 Sijunjung), Khairunnisa Ismi ( SMP 12 Sijunjung), Lailatul Husna dan Satrio Marfezil ( SMP 4 Sijunjung), Syakirah Rizkullah Aribah dan Muhammad Insanul Kamil (SMP 2 Sijunjung), Deka Ariyadi Putra ( SMP 14 Sijunjung), dan Meisiah (SMP 13 Sijunjung).

Keberangkatan peserta ke Istora Senayan didampingi PLT Kepala Bidang Kebudayaan Syamsul Bahri,S.Pd MM, dan Kepala Seksi Pembinaan Kesenian dan Promosi Budaya, Jalnibus S.Pd.MM serta pendamping lainnya dari Bidang Kebudayaan Dikbud Sijunjung.rilis
editor;saptarius