Pos Koramil Mobile Dipaparkan, Ini Tanggapan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah

133

JURNAL SUMBAR | Payakumbuh – Setelah melaksanakan kunjungan ke Denzipur 2/PS lalu Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah pun melaksanakan peninjauan langsung terhadap Program Inovasi Korem 032/Wbr dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui Pemberdayaan dan pemanfaatan Pos Koramil Mobile.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam menerima langsung pemaparan tentang Pos Koramil Mobile dari Dandim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andyka Tjokro yang didampingi dan disaksikan oleh Kasrem, Asintel, Asoops, Kasi Korem, para Dandim dan Danyon di Situjuah Payakumbuh, Selasa (15/10/2019).

Dalam pemaparan tentang Koramil mobile Dandim menjelaskan bahwa Pos Ramil Mobile dibentuk untuk menjangkau pemerataan kehadiran para aparat Kewilayahan yaitu Babinsa dengan perlengkapannya ke wilayah yang jarang dijangkau oleh personel Koramil.

Dijelaskan bahwa Pos Koramil Mobile dilengkapi dengan perlengkapan sarana IT, buku buku tentang pendidikan dan juga tentang pertanian serta dilengkapi juga perangkat komputer dengan operatornya untuk mengaplikasikan Sistim Informasi Kewilayahan (Sikowil). Dimana Sikowil sangat bermanfaat untuk mengetahui posisi para Babinsa di lapangan sehingga memudahkan Komando dan Pengendalian dalam mengambil langkah dan tindakan dalam setiap kejadian.

Disamping manfaat tersebut melalui aplikasi Sikowil juga dapat lebih memudahkan para Babinsa dalam mengumpulkan data data yang dibutuhkan dalam binter baik data tentang geografi, demografi maupun kondisi Sosial masyarakat sehingga dapat lebih memudahkan dalam mengingkatkan kwalitas pembinaan teritorial di wilayah.

Dijelaskan juga bahwa Pos Koramil juga menggunakan sarana Drone dengan opertornya dalam memantau situasi wilayah sehingga memudahkan untuk mengetahui dan memantau kondisi wilayah secara cepat.

Pemaparan tentang Pos Koramil Mobile mendapat tanggapan Positif dari Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah.

Menurut Pangdam Inovasi Pos Koramil Mobile dengan menggunakan Sikowilnya perlu dikembangkan dan mendapat tindakan lebih lanjut untuk disarankan ke TNI AD agar dapat dijadikan Prototype TNI AD kedepannya.penrem
editor;saptarius