Komunitas Lari Anak Muda, Komut BRI dan Kapolda Sumbar Didapuk Jadi Pelindung Karambia Runners

122

JURNAL SUMBAR | Padang – Karambia Runners, komunitas lari anak muda yang menggurita olahraga lari dewasa ini, kembali digandrungi oleh masyarakat. Secara biaya olahraga yang paling hemat adalah lari. Setiap pagi bisa disaksikan di pinggir pantai Padang, ada belasan tua muda lelaki wanita yang sedang olahraga, baik lari, jalan cepat ataupun sekedar jalan biasa untuk menjaga kesegaran tubuh. Di GOR H Agus Salim pemandangan serupa bisa kita temukan.

Dari sering lari inilah, timbul ide dari beberapa anak muda yang mayoritas bekerja di Bank dan ASN di kota Padang untuk mendirikan sebuah komunitas lari. Pra Event Minang Geo Park tahun 2018 adalah tonggak sejarah deklarasi Komunitas ini. Tiga pentolannya, Machwel Fareira, Ricky Oktavianda dan Ferdinand Hidayat yang saat itu bersama Putri Indonesia asal Sumbar Uni Melanie Putria mendeklarasikan Karambia Runners pada tanggal 26 Agustus 2018.

Di bulan November 2018 Karambia Runners melalui Humasnya Rezki Rifai, berhasil mengundang 2 (dua) Putra terbaik Sumbar yaitu Mantan Menteri PPN / Kepala Bappenas RI dan saat ini sebagai Komisaris Utama Bank BRI  Andrinof A Chaniago dan Kepala Kepolisian Daerah Sumbar Irjen Pol Fakhrizal sebagai Pelindung. Prosesi pengangkatan pelindung ini berlangsung di Pantai Padang. Saat itu Andrinof A Chaniago menantang Karambia Runners untuk menghelat BRI Mandeh Run  2019. Dan BRI Mandeh Run 2019 menjadi sejarah awal mendunianya Karambia Runners ini.

Sebagai komunitas yang semakin menggurita, Karambia Runner juga berpartisipasi aktif di setiap kegiatan maupun lomba lari yang diadakan di Sumatera Barat.kehadiran Karambia Runners tidak saja sekedar ikut ikutan saja, tetapi dibanyak lomba Karambers (sebutan anggota Karambia Runners) berhasil menjadi kampiun. Beberapa prestasi yang dihasilkan adalah Semen Padang AnniversaRun 2019 juara 2 Hamdan Sayuti. KedokteRun Unand 2019 Beni Ardinata Juara 1 dan Iqbal Saputra Juara 2. Sawahlunto Coal Trail Marathon 2019 kembali Iqbal dan Hamdan mempersembahkan podium 1 dan 2 untuk 17 KM dan Beni Juara 1 di 25 KM. Transmart Joy Run 2019 juara 1 Beni. Sementara Seribu Rumah Gadang Iqbal mendapat Juara 2. Yang termutakhir adalah podium 1 di Jakarta Electric Marathon 2019 diraih oleh Hamdan Sayuti.

Hamdan Sayuti pelari nasional asal Sumbar ini juga didaulat sebagai Pembina Karambia Runners. Selain itu Karambia Runners juga dilatih oleh profesional  Andrizal Kurniawan. Semenjak dilatih secara rutin oleh Coach Andri (demikian biasa dipanggil) Karambia Runners juga semakin banyak menjadi kampiun di setiap event yang di ikuti.

Di umur yang baru setahun ini, Karambia Runners sudah menjelma sebagai Komunitas lari yang diperhitungkan baik di Sumbar maupun Nasional. Saat ini total anggota sudah mencapai 200 orang. Berbagai profesi seperti pegawai BUMN, BUMD, ASN, Hakim, TNI, Polisi, mahasiswa dan pelajar sekalipun. Karambers juga tidak hanya berada di Padang, tetapi juga di Bukittinggi, Padang Panjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Dharmasraya bahkan sampai ke Palembang, Pekanbaru dan Jakarta.

Event terdekat yang akan di ikuti oleh Karambia Runners adalah Borobudur Marathon 2019 di Magelang dan Minang Geopark 2019 di Bukittinggi. Dan besar kemungkinan Karambia Runners akan menghelat ajang prestisius tahun depan yakni BRI Mandeh Run 2020 di Kawasan Wisata Mandeh.  Bagi para penghobi lari yang ingin bergabung, bisa mengikuti latihan Karambia Runners di GOR H Agus Salim setiap Rabu/Kamis malam pukul 19.00. juga bisa berpartisipasi di Lari setiap Sabtu dan Minggu pagi. Bagi yang ingin melihat kegiatan Karambia Rumbers bisa stalking di Instagram Karambia Runners @KARAMBIARUNNERS bisa juga ke email karambiarunners@gmail.com. Ipai