Lakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia, Waasops Panglima TNI Tinjau Kesiapan Yonif 133/YS

109

JURNAL SUMBAR | Padang – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS dalam kesiapan keberangkatan untuk mengemban tugas Negara pengamanan perbatasan RI-Malaysia telah dibekali dengan berbagai kemampuan taktik maupun teknik serta kemampuan dalam pembinaan masyarakat seperti kemampuan teritorial serta kemampuan lainnya seperti mengajar di kelas juga telah didapatkan melalui kerjasama dengan Dirjen GTK Kemendikbud yang dilaksanakan selama tiga hari di Mako Yonif 133/YS.

Setelah pemeriksaan dari Kasdam I/BB, Pembinaan Mental dari Disbintalad, pemeriksaan Waasops Kasad dan pada Jum’at (8/11/2019) Marsma TNI Jordy S. Koloay, S.I.P., M. Han Selaku Waasops Panglima TNI melaksanakan peninjauan dan pemeriksaan kesiapan langsung ke Yonif 133/YS di Jln. Prof DR. Hamka Air Tawar Kota Padang, Sumatera Barat.

Dalam peninjauan yang didamping langsung oleh Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo ini disambut dengan semangat oleh para prajurit Yudha Sakti.

Waasops Panglima TNI, Marsma TNI Jordy S. Koloay dalam arahannya kepada personel Satgas menyampaikan beberapa penekanan yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit. Adapun isi penekanan dari Waasops Panglima TNI diantaranya:

Pertama, Pedomani dan laksanakan semua prosedur yang ada karena prosedur adalah hal yang yang paling utama dan harus dilaksanakan sesuai ketentuan. Kedua, Tingkatkan dan pelihara keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sesuai agama masing masing. Ketiga, Pelihara kesehatan dan jaga kondisi fisik dengan baik, manfaatkan waktu yang ada untuk olahraga. Keempat, Pelajari dan pahami kondisi sosial, budaya dan karakter masyarakat di daerah operasi dimana kalian bertugas dan pelihara selalu hubungan yang baik dengan masyarakat setempat.

Jenderal bintang satu ini juga berpesan kepada seluruh prajurit satgas Yonif 133/YS agar melaksanakan tugas dengan penuh semangat dan dedikasi, karena tugas adalah kehormatan dan kebanggaan untuk mengharumkan nama satuan khususnya dan Institusi TNI AD umumnya.

“Laksanakan tugas dengan penuh semangat dan dedikasi karena tugas adalah kehormatan dan kebanggaanmu”, tegas Waasops pada akhir akhir arahannya.

Satgas Pamtas Yonif 133/YS akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan darat RI Malaysia sepanjang 259.5 Km selama 9 bulan untuk menggantikan Yonif 301/PKS yang akan purna tugas.

Satgas Yonif 133/YS selain mengamankan perbatasan darat RI-Malaysia juga untuk mencegah terjadinya pelanggaran berbagai tindakan illegal dan tindak kriminal yang sering terjadi di wilayah perbatasan.

Hadir dalam pengecekan ini, Paban IV/Sops TNI Kolonel Inf Suhardi, Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabad, Para Kasi Korem 032, Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha, Para Kabalakrem 032 dan Para staf terkait dari MabesTNI.penrem 032/wbr
editor; saptarius