Meriahkan HKN di Sijunjung, RSKIA Haryanda Ikut Berkontribusi

215

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang dilaksanakan di depan Dinas Kesehatan setempat, Senin (18/11/2019) berlangsung sukses dan meriah. Bahkan Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Haryanda ikut serta berkontribusi menyumbang sepeda gunung diacara senam bersama di HUT HKN itu sebagai doororize.

Acara termeriah itu dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan Arrival Boy, Wakil Ketua DPRD, Bakri, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Zefnihan, AP.MSi, Kepala OPD dan seluruh ASN di lingkup Pemda Sijunjung serta diikuti personil TNI dan Polri ini ditandai dengan pemotongan kue dan pelepasan balon keudara.

Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Ezwandra dalam laporannya menyebutkan, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019 di Kabupaten Sijunjung ini dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 28 November 2019 dengan memakai tema “Generasi Sehat Indonesia Kuat, Sijunjung Maju Sijunjung Jaya,”

“Tema ini sebagai pengingat publik bahwa Sijunjung Maju Sijunjung Jaya tercapai apabila derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya akan terwujud, apabila semua komponen masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif,” ucapnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan HKN ini lanjut Ezwandra yaitu, Jambore UKS tanggal 15 November di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung dengan menggelar lomba yel yel germas UKS Tingkat SMP, lomba dokter kecik tingkat kabupaten, lomba penyuluh tingkat SMU dan lomba mewarnai tingkat SD.

“Pada tanggal 18 November ini digelar senam massal dan lomba antar puskesmas se Kabupaten Sijunjung serta pada tanggal 28 November akan digelar seminar sehari tentang pengendalian penyakit hipertensi,” ujar Ezwandra.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin pada kesempatan itu membacakan sambutan Metri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto yang menyampaikan , Peringatan HKN ke-55 pada
tanggal 12 November 2019 memakai tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul.”

Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet
Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

Menegaskan arahan Presiden Republik Indonesia ini lanjut Mentri Kesehatan yang dibacakan bupati bahwa, ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional.” Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

“Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,”ujarnya.

“Melalui momentum
HKN ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa,”harap Menkes, Terawan.

Acara HKN ke 55 Tahun 2019 di Kabupaten Sijunjung ini juga dimeriahkan dengan pembagian dourprize yang sebelumnya diawali dengan senam bersama.andri
editor; saptarius