Rumah Mantap, Rumah Tahan Gempa dan Puting Beliung Karya Zidam I BB

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Deli Serdang – Angin puting beliung yang kerap terjadi di wilayah Kodam I Bukit Barisan telah menginspirasi Kodam I Bukit Barisan untuk membuat rumah tahan terjangan angin kencang dan puting beliung dengan nama Rumah Mantap (Rumah Masyarakat Anti Angin Puting Beliung). Pembangunan prototype rumah ini semula atas permintaan dari Bupati Deli Serdang.

“Rumah Mantap di Desa Seipis-pis ini dirancang atas perintah Pangdam I Bukit Barisan kepada Zidam I BB untuk mitigasi bencana angin puting beliung,” ujar Waka Zidam I BB Letkol Czi Cosmas Manukallo beberapa saat yang lalu, Selasa, (12/11/2019).

Dijelaskan Letkol Cosmas, Kazidam Kolonel Czi Tri Raharjo segera memerintahkan Wakazidam untuk melaksanakan perintah Panglima tersebut. Dan pihaknya segera memilih anggota tim yang terdiri dari Mayor Czi Edward Rindang Samuel, Honorer Fonco, ST dan Mitra Sipil Kodam I BB Bapak Adi Wijaya

PERANTAU SIJUNJUNG

“Akhirnya prototipe yang telah dapat masukan dari Pangdam I BB Mayjen TNI MS Fadillah, Kasdam Brigjen TNI Untung Budiarto, Aslog Kol Czi Irfan Afandi dan Kazidam tersebut dapat direalisasikan oleh satgas TMMD 106 di Kabupaten Serdang Bedagai,” tutur Wakazidam Letkol Czi Cosmas, inisiator prototype Rumah Mantap.

Dijelaskan Letkol Cosmas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak membangun Rumah Mantap, dimana seluruh struktur harus saling mengikat terutama bagian atap. bentuknya yang unik karena  oktagon dan aerodinamis bertujuan agar dapat mengalirkan kekuatan angin sehingga berkurang daya rusaknya. Tapi inti yang paling utama terletak dicara membangun rumah yang benar dan aman.

“Pembangunan prototipe ukuran 43 meter persegi ini hanya membutuhkan waktu 28 hari, karena dikerjakan bergotong-royong antara Satgas TMMD 106 Kodim Deli Serdang yang dipimpin Dandim 0204/DS Letkol kav Syamsul Arifin, masyarakat setempat, Zidam serta bantuan tukang ahli dari Bapak Adi,” ujar Wakazidam.

Sambil membangun prototipe rumah yang dirancang tahan gempa ini, tim Zidam I BB juga memberikan contoh bagaimana membangun rumah yang aman sesuai ketentuan Kementrian PUPR, sesuai perintah Pangdam 1 BB  Mayjen TNI MS Fadillah cara membangun rumah yang benar dan aman, ke masyarakat sebagai mitigasi bencana angin puting beliung. Prototype ini sendiri masih akan terus dikembangkan dan disempurnakan. DEY

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.