Upacara Hari Pahlawan di Makorem 032/Wbr Khidmat; Jadilah Pahlawan Masa Kini

636

JURNAL SUMBAR | Padang – Pertempuran 10 November 1945 adalah merupakan salah satu momen pertempuran paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan RI dan pada pertempuran tersebut rakyat Indonesia bersatu padu berjuang dan pantang menyerah melawan penjajah yang ingin kembali menancapkan kekuasaannya di Indonesia.

Pada hari ini seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke memperingati momen tersebut sebagai Hari Pahlawan secara nasional di berbagai tempat termasuk di Korem 032/Wbr.

Upacara peringatan hari Pahlawan di Korem 032/Wbr dilaksanakan pada Minggu (10/11/2019) di Lapangan Makorem Jln Sudirman No 29 Padang.

Tampil sebagai Inspektur Upacara adalah Kolonel Kav. Mukmin yang sehari harinya menjabat sebagai Kasi Intel Korem032/Wbr membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara.

Dalam amanatnya disampaikan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri ini dan hendaknya semangat dan pengorbanan para pahlawan harus ditumbuh kembangkan di dalam hati sanubari segenap warga negara Indonesia.

Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Proklamator Bung Karno yang menyatakan bahwa *… bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya*.

Dalam memaknainya pada zaman sekarang ini dengan semangat hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi untuk menjadi pahlawan masa kini.

“Aku Pahlawan Masa Kini”, demikian tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini yang harus kira maknai dengan aksi-aksi nyata dalam memperkuat keutuhan NKRI melalui menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokatif yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita bohong, tidak melakukan tindakan anarkis dan lain sebagainya.

Lebih lanjut disampaikan dalam amanatnya bahwa jika dulu semangat kepahlawanan ditunjukkan dengan melalui pengorbanan tenaga, harta dan nyawa maka untuk menjadi Pahlawan Masa Kini kita lakukan dengan lebih meningkatan kesadaran semangat bela negara, cinta tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat serta menorehkan prestasi dalam berbagai bidang yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia Internasional.

Pada akhir amanatnya Menteri Sosial menyampaikan selamat Hari pahlawan tahun 2019, Semoga Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri dan jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan Negeri.

Pesan pesan para Pahlawan Nasional yang dibacakan menekankan akan arti pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, menghormati jasa pengorbanan pahlawan dan semangat dalam membangun bangsa serta mengisi kemerdekaan.

Upacara peringatan Hari Palawan di Makorem 032/Wbr berlangsung tertib dan khidmat serta diikuti oleh personel militer dan PNS Makorem, Balakrem dan Baltalyon Infanteri 133/YS.

Hadir dan mengikuti proses Upacara Hari Pahlawan di Makorem, Para Kasi Korem, Kabalak Aju, para Danden dan perwira Korem 032. penrem
editor;saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here