Wabup RJM; Tiap OPD Pantasnya Bisa Lahirkan Lima Inovasi Tiap Tahun Buat Rakyat Kita

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Dharmasraya gelar Sosialisasi Inovasi Daerah Tahun 2019 di Aula kantor Bupati Dharmasraya, pada Jumat (15////2019).

Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan dan diikuti oleh peserta terdiri dari Kepala OPD beserta Kasubag Perencanaan di Masing masing OPD, camat dan wali nagari se Kabupaten Dharmasraya, Sekretaris, Kepala Sub Bagian dan Kepala Sub Bidang dilingkungan Kabupaten Dharmasraya.

Wakil Bupati RJM dikesempatan itu menyebutkan, penerapan inovasi daerah pada tataran pemerintah merupakan sebuah kewajiban sesuai yang diamanatkan dalam undang undang nomor 23 tahun 2014.

Secara ekplisit amanat tersebut menyatakan bahwa pemerintah daerah perlu menciptakan kebijakan dan program pemerintah daerah yang bersifat inovasi. sehingga secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian.

PERANTAU SIJUNJUNG

Inovasi inovasi yang dilahirkan tidak harus selalu dalam bidang sistem imformasi dan teknologi (IT). Namun dapat pula dalam tata kelola pemerintahan, kerjasama, dan optimalisasi sumber pendanaan.

“Oleh sebab itu, kepada kepala OPD diminta untuk dapat menghasilkan inovasi-inovasi sesuai dengan isu-isu strategis perangkat daerah saat ini. Sekurang kurangnya setiap perangkat daerah mempunyai 5 inovasi sesuai dengan kewenangan dan urusan masing masing perangkat daerah,” ucap Wakil Bupati Dt Rajo Medan.

Dengan demikian lanjut RJM, hasil dari inovasi perangkat daerah nantinya dapat dimasukkan kedalam rencana aksi inovasi daerah tahun 2020,” diharapkan pada tahun 2020 kita dapat memperoleh penghargaan pemerintah daerah yang inovatif dari pemerintah,”harapnya.

Sementara Kepala Bapppeda, Andi Sumanto selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa, sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari penuh yang diikuti oleh seluruh kepala OPD beserta Kasubag Perencanaan di Masing masing OPD, Sekretaris, Kepala Sub Bagian dan Kepala Sub Bidang dilingkungan Kabupaten Dharmasraya.

Narasumber pada sosialisasi ini lanjut Andi adalah, Agus Sudrajat yang merupakan Deputi Bidang kajian dan inovasi manajemen aparatur sipil negara LAN RI ( Lembaga Administrasi negara republik Indonesia).humas
editor;saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.