Danrem 032/Wbr Terima Penghargaan Dari Kemhan RI Pada Peringatan Hari Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2019

1023

JURNAL SUMBAR | Pariaman – Peringatan Hari Nusantara Nasional Tahun 2019 yang berlangsung di Pantai Gandoria Pariaman Sumatera Barat berjalan dengan meriah sukses dan lancar. Sabtu (14/12/2019).

Kegiatan yang diawali dengan penyerahan rekor MURI kepada Seribu Gendang Tasa. Dilanjutkan dengan rangkaian sambutan mulai dari Walikota Pariaman, Gubernur Sumatera Barat dan Menteri koordinator perekonomian RI Ir. Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan tersebut Kementerian Pertahanan RI memberikan penghargaan Darma Pertahanan kepada 10 orang yang telah memberikan bukti dedikasi dan pengabdiannya terhadap berbagai bidang dalam pertahanan.

Salah satu yang menerima penghargaan ini adalah Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo yang telah berjasa dalam memelopori pembangunan dengan menciptakan suatu Dekomposer yang bernama BIOS 44.

Dimana manfaat BIOS 44 ini dapat diaplikasikan pada bidang pertanian peternakan, perikanan dan dapat juga merestorasi lahan tidak produktif menjadi produktif, seperti yang telah dilakukan di lahan PT. Semen Padang dan lahan bekas tambang di Sawahlunto.

Tak hanya penemuan BIOS 44, Brigjen Kunto juga mengembangkan teknologi pengelolaan air dengan menggunakan teknologi DAG Filter, yang mana teknologi ini bisa merubah air tidak layak minum menjadi layak minum. Saat ini teknologi tersebut sudah diterapkan di pulau terluar Sumatera Barat tepatnya di Kepulauan Mentawai.

Selain Danrem, dari jajaran Korem 032/Wbr Babinsa Koramil 02/Sungai Limau Kodim 0308/Pariaman Sertu Suharman juga menerima penghargaan atas keberhasilannya mempelopori masyarakat Belimbing lorong Duku Kenagarian Pilubang Kec Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman dalam membangun kembali jembatan yang roboh akibat banjir yang terjadi pada tahun 2016.

Penyerahan penghargaan Darma Pertahanan ini diserahkan langsung oleh Direktur SDM Kemhan Brigjen TNI Tjahya Komara yang mewakili Menteri Pertahanan.

Selain acara penyerahan penghargaan ini, ditampilkan juga atraksi terjun payung serta atraksi Parade Perahu dari prajurit TNI AL. Disaksikan oleh ribuan masyarakat yang hadir semakin menambah semaraknya acara ini.

Kegiatan dihadiri oleh Menko Perekonomian RI Ir. Airlangga Hartarto, Menteri PUPR RI Basuki Hadi Mulyono, Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi, Staf ahli bidang ekonomi dan Investasi M Zainal Fatah, Mendagri yang diwakili oleh Staf ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamidi, Menteri Perdagangan RI yang diwakili Dir Sarana dan Distribusi Sihard Hadjopan Pohan SH, MM, Menteri Kominfo RI diwakili Dirjen IKP Prof. Widodo Muktio, Panglima TNI diwakili Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo, Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. H. Fakhrizal, M.Hum, Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo. S.I.P, Kajati Sumbar Diah Srikandi SH. MH, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso, Rektor Unand Prof. Yuliandri, Bupati dan Walikota Se- Sumbar, Para Kasi Korem 032/Wbr, Forkopimda Kota Pariaman, Kepala OPD Prov/Kab/Kota Sumbar, Forkopimda Kota Pariaman, Pimpinan Investasi Vertikal BUMN/BUMD Pariaman, para pelaku dunia usaha Pimpinan lembaga dan organisasi kemasyarakatan, para tokoh masyarakat, Ninik mamak, alim ulama, Bundo Kanduang, serta masyarakat Kota Pariaman.penrem 032/wbr
editor;saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here