Datangkan Pakar Nasional, Ribuan ASN di Sijunjung Ikuti Sharing Komunikasi

1086

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Waw..! Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, Sumatera Barat, mengikuti sharing komunikasi dan motivasi secara bergantian selama lima hari kedepan bersama pakar komunikasi nasional, Dr. Aqua Dwipayana, M.Ikom.

Sharing komunikasi tersebut belangsung dari Senin hingga Jumat (2-6 Desember 2019) di Aula Dinas PU&PR dan dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, pada Senin (2/12/2019) siang.

Ketua Pelaksana, Syukri, mengatakan dasar pelaksana sharing komunikasi dan motivasi adalah pasal 21 Uundang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Butir 17 Kewajiban PNS Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

“Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dilingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung, khususnya kemampuan komunikasi dan motivasi guna mewujudkan pelayanan yang berkualitas,” ungkapnya.

Selain itu dikatakan Syukri, jumlah peserta keseluruhan mencapai ribuan orang yang berasal dari pejabat eselon II, III dan IV, termasuk pegawai BRI, Bank Nagari, PDAM serta Kepala Sekolah dan jajarannya, masing-masing dibagi 200 orang persesi selama lima hari tersebut.

Menurut Bupati Yuswir Arifin, sharing kumunikasi ini sangat bermanfaat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar mampu berkomunikasi dengan baik dan senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

“Hal ini sangat penting bagi ASN dalam kedinasan maupun rumah tangga dan sangat menentukan keberhasilan dalam melaksanakan tugas kedepan karena tugas yang diemban sekarang sangat mulia,” jelas Bupati.

”Kita sengaja mengundang beliau (Bapak Aqua) di Ranah Lansek Manih agar kemampuan komunikasi jajaran ASN dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung meningkat kinerjanya secara optimal,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Yuswir menuturkan, tugas pokok ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi.

Sementara itu, nilai penting dari materi yang disampaikan oleh Dr. Drs. Aqua Dwipayana, M.I.Kom mengajak peserta mengutamakan rasa syukur dalam hidup.

” Hidup itu singkat maka kita hidup harus terus bersyukur, bahagia dan terus meningkatkan komunikasi yang berkualitas. Di balik keberhasilan seorang suami terdapat peran seorang istri yang hebat, keluarga yang kuat sebagai pendorong keberhasilan dalam pelaksanakan tugas,” terang Aqua Dwipayana.

Ada beberapa hal yang ditekannya dalam sharing itu yakni, kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

“Kunci sukses ASN dalam menjalani tugas menurut Dr Aqua adalah penguasaan mereka di bidang komunikasi baik internal maupun eksternal. Jika keduanya bagus insya Allah seluruh tugas pokok, visi, dan misi Kabupaten SIjunjung dapat diwujudkan secara optimal,” jelasnya.dicko
editor;saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here