Diikuti 97 Kafilah dan Ditandai Pemukulan Bedug, Bupati Sijunjung Buka MTQ ke-38 Tingkat Nagari Lalan

331

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Drs Haji Yuswir Arifin Datuk Indo Marajo,MM, secara resmi membuka Musabaqoh TilawatilQuran (MTQ) ke-38, tingkat Nagari Lalan, Keacamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung.

MTQ ke-38 yang dilaksanakan di Jorong Rumbai itu dilaksanakan pada Senin (23/12/2019). Kegiatan diawali tari pasambahan oleh murid-murid SDN 12 Rumbai dan dilanjutkan pembacaan kalam Illahi yang dibacakan mantan Qoriah Tingkat Nasional Citra Dewi asal Padanglaweh, Kecamatan Koto VII.

Panitia pelaksana MTQ ke-38 Nagari Lalan, Mariono, yang juga Kepala Jorong Rumbai itu, menyebutkan, lomba tersebut terdiri dari lomba Tilawah tingkat anak-anak, remaja dewasa, lomba Tartil Khubat dan MSQ dengan total kafilah 97 orang.Terdiri dari utusan kafilah Batuajung 20 kapilah, Lalan 20 kafilah, Rumbai 20kafilah, Sukaladi 17 kafilah dan Batu Ajung 17 kafilah.

Walinagari Lalan, Martonis, menyebutkan, MTQ Nagari Lalan dilaksanakan sekali dua tahun. “Kegiatan bertujuan membentuk akhlak yang diikuti kafilah lima jorong, Batang Lalan, Sikaladi, Rumbai, Lalan dan Batuajung. Nagari Lalan bertekad juara umum tingkat Kecamatan Lubuktarok dan alhamdallah pertamakali dihadiri Bupati Sijunjung,”ucap Martonis.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arufin, menyebutkan, posisi Sijunjung tingkat Sumbar pada 2019 dipodisi peringkat 10 yang sebelumnya hanya peringkat 18 ditahun 2018. “Diharapkan kedepannya Kabupaten Sijunjung masuk 5 besar di MTQ Propinsi,”harapnya kepada Kenenag Sijunjung.

Bupati Yuswir Arifin juga berharap pada dewan juri menilai seobjektif mungkin. Apalagi para qori-qoriah adalah anak-anak yang unggul, baik teknologi dan agama. “Diharaplan siap bertarung di lomba MTQ Nagari Lalan,”ucap bupati.

Lomba MTQ ke-38 Nagari Lalan yang dihadiri Inspektur Daerah Welfadr, Kabag Kesra Dodi Katim, Camat Lubuktarok Hamdan dan unsur Forkopincam Lubuktarok itu ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Yuswir Arifin pertanda dimulainya lomba MTQ yang berlangsung hingga Selasa (24/12/2019) itu terlihat meriah. saptarius