Prestasi di Ujung Tahun, KAN Muaro Takung Juara Lomba KAN Terbaik Tingkat Sumbar 2019

550

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Waw, kren..! Luar biasa. Setelah dinilai Tim penilaian lomba KAN terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat, pada Selasa 19 Nopember 2019 lalu, kini KAN Nagari Muaro Takuang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung itu berhasil keluar sebagai jawara (juara) dan raih prestasi di penghujun tahun 2019.

“Alhamdulillah, secara resmi Tropi Juara I KAN Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019 telah diterima oleh Nagari Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung pada hari ini (Jumat, 27/12/2019) di Padang,”ucap Ketua KAN Muaro Takung, Parijal J. Dt. Bagindo Sutan, SE (Datuk Pucuk) dalam keterangannya pada awak media, Jumat (27/12/2019) melalui whatsappnya.

Disebutkannya, keberhasilan yang dicapai dan mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung dan khususnya LKAAM Kabupaten Sijunjung itu tidak terlepas dari hasil kerja keras unsur ninik mamak dan cucu kemanakan serta perhatian dari LKAAM Kabupaten Sijunjung dan Pemkab Sijunjung.

“Keberhasilan ini adalah keberhasilan kita bersama,” ucap Parijal J. Dt. Bagindo Sutan, SE (Dt Pucuk) yang selalu menjunjung Adat Bersandi Sarak-Sarak Bersandi Kitabbulah (ABS-SBK).

Saat penilaian, KAN Muaro Takung dinilai tim yang diketuai DR.Yulizal Yunus, Dt. Rajo Bagindo dengan anggota Prof. DR. Raudah Taib, Yuarnis Inyiak Datuak Malaikat Tinggi, dan Drs. Akral dan ketika itu tim tersebut juga disambut Bupati Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin, MM. Dt. Indo Marajo, Anggota DPRD, Kepala OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Endra, Yuswir Arifin beserta anggota, Ketua LKAAM, Camat Kamang Baru, David Rinaldo, Wali Nagari, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang di Rumah Gadang Sondi Padek, Dt. Sarurajo Malayu Tiang Panjang, Nagari Muaro Takuang.

Ketika penilain itu, Bupati Yuswir Arifin menyampaikan selamat datang kepada ketua Tim beserta rombongan di Nagari Muaro Takuang. Kehadiran tim pada hari itu, bagi KAN Muaro Takung adalah suatu kebanggaan. “Mudah mudahan tim merasa nyaman di Nagari Muaro Takuang ini hendaknya,”ucap bupati kala itu.

“Melalui penilaian ini, semoga tim mempunyai kesan baik tersendiri selama berada disini dan menjadikan KAN Nagari Muaro Takuang ini menjadi terbaik tingkat Sumatra Barat nantinya,”harap Bupati Yuswir Arifin.

“Alhamdallah, harapan bupati dan impian masyarakat Muaro Takung jadi kenyataan,”tambah Ketua KAN Muaro Takung Parijal J. Dt. Bagindo Sutan, SE usai menerima piala dan penghargaan

Ketua Tim DR.Yulizal Yunus, Dt. Rajo Bagindo saat penilaian ketika itu, menyebutkan, bahwa penilaian itu dalam rangka pembinaan dan pengembangan pokok pikiran untuak balik ke nagari dan beradat.

Dijelaskan Yulizal saat itu, ada empat aspek yang akan dinilai oleh tim ketika itu, diantaranya, Kekuatan kelembagaan KAN, Bagai mana pelaksanaan adat di didaerah tersebut, Komposisi, dan Kerjasama antar kelembagaan yang ada di nagari.

“Kalau ke empat aspek ini di laksanakan dengan baik, insyaallah KAN Nagari Muaro Takuang bisa meraih juara I ditingkat Sumbar nantinya,”tutup Yulizal ketika itu. Ternyata, apa yang disampaikan tim penilai itu terpenuhi oleh KAN Nagari Muaro Takuang, dibawa pimpinan Parijal J. Dt. Bagindo Sutan, SE. saptarius