12 Mahasiswa Resmi Diterima sebagai Anggota Menwa Batalyon 102 MB/UNP

1236

JURNAL SUMBAR | Padang — Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil diterima sebagai anggota Resimen Mahasiswa Batalyon 102 MB/ Universitas Negeri Padang setelah menuntaskan Pendidikan Basis Satuan (Dikbasis) angkatan Ke-44. Penutupan Dikbasis itu berlangsung di Lapangan SMA Pembangunan UNP, Kampus Air Tawar, Padang, Jln Prof Hamka, Rabu (8/1/2020).

Proses penutupan Dikbasis itu diawali dengan upacara dengan Irup, pembina Menwa UNP, Dr Argantos. Anggota Menwa dan dan 12 anggota Menwa yang baru selesai menuntaskan Dikbasis mengikuti upacara dengan penuh semangat dan semuanya berbaris penuh disiplin tinggi.

Di tenda kehormatan ada Kolonel Inf Khairul Mustofa dari Kakanwil Kemenhan Sumbar dan perwakilan Korem Wirabraja, Lantamal dan Komandan Satpam UNP, A.H Batubara serta para alumni dan anggota senior Menwa UNP lainya. Selain itu turut hadir Kabag Kemahasiswan UNP dan undangan lainnya.

Menandai berakhirnya Dikbasis, pembina Menwa UNP, Argantos usai upacara memakaikan baret kepada perwakilan mahasiswa UNP. Sebelumnya, dalam amanatnya Argantos mengatakan bahwa Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat menjadi tombak dalam meningkatkan kesadaran bela negara di kalangan mahasiswa. Menwa sendiri sudah ada sejak tahun 1959 dan pembinaannya sendiri berada dibawah Komando Kewilayahan Kementerian Pertahanan.

Ia berharap agar semangat Menwa sebagai generasi penerus bangsa tetap berkobar dan patut mendapat apresiasi. Dirinya menyampaikan bahwa para lulusan Perguruan Tinggi yang sebelumnya aktif sebagai Menwa, mereka selalu ikut dan berpartisipasi aktif mendukung organisasi Menwa, bahkan para alumni Menwa kini telah membentuk satu organisasi yang diberi nama “Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI)”.

Penutupan Dikbasis angkatan ke-44 juga disertai dengan menampakan kebersamaan para peserta Menwa Batalyon 102 MB/UNP dengan beratraksi ringan, diantaranya dengan mengobarkan semangat kebersamaan seperti joget bersama.

Sementara itu Komandaan Menwa Batalyon 102 MB/UNP, Arie Suandi menyebutkan dari 50-an peserta yang mendaftar hanya yang lewat seleksi dinyatakan hanya 12 orang tersebut, karena rangkaian Dikbasis yang diprogramkan berkaitan dengan kegiatan penempaan latihan fisik yang cukup melelahkan. (Agusmardi/Humas UNP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here