Disambangi Tokoh Minang, Sandiaga Uno Dukung Pendirian Surau Sydney Australia

1530

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Pada hari Selasa, 21 Januari 2020 bertempat di Gedung Recapital Kebayoran Baru Jakarta Selatan milik Sandiaga Uno, Pengurus Surau Sydney Australia sebagai bagian dari Keluarga Besar Minang Saiyo Sydney Australia yang dipimpin Nirwan Kamaluddin menemui Sandiaga Uno.

Turut hadir dalam audiensi tersebut dalam rangka mengantarkan undangan kepada Sandiaga Uno untuk menghadiri acara Fund Raising dalam rangka pendirian Surau Sydney Australia (SSA) antara lain Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno, Anggota DPR Ibu Nevi Zuarina Irwan Prayitno, Mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Prof. DR. Fasli Jalal, Ketua Yayasan Universitas Yarsi Prof. DR. Jurnalis Udin, Wartawan Senior Hasril Chaniago, Direktur Eksekutif MDN-G (Minang Diaspora Network Global) Burmalis Ilyas, Dosen FE Unand dan alumni Australia DR. Henmaidi Alfian, Ustaz Boby dari ACT (Aksi Cepat Tanggap), Ustaz Agus Yunanto yang sering mengisi ceramah agama untuk Masyarakat Minang Saiyo Sydney Australia dan tokoh2 minang dan Indonesia lainnya di Jakarta.

Rencana Pembelian Gedung untuk dijadikan Surau/Mesjid sudah dirancang sejak lama dan dana sudah terkumpul sekitar 500 ribu Dolar Australia atau Rp5 Milyar. Selain sebagai sarana Ibadah rencana Surau Sydney Australia juga dijadikan sebagai sarana untuk melestarikan adat, budaya, bahasa minang dikalangan generasi Muda Minang Saiyo Sydeny Australia. Menurut bpk Nirwan Kamaruddin Fundraising Insya Allah akan diadakan tahun ini di Sydney Australia dengan mengundang banyak tokoh2 minang dan Indonesia dan semua masyarakat Minang, Indonesia dan Muslim diseluruh pelosok dunia.

Gubernur Sumbar Prof. DR. Irwan Prayitno yang didampingi isterinya Nevi yang juga Anggota DPR RI sangat mendukung Program Surau Sydney Australia ini. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Prof. Dr. Jurnalis Uddin Ketua Yayasan YARSI yang juga Pembina MDN-G dan Prof. Fasli Jalal Mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional. Prof Fasli Jalal pernah mengutarakan ide Fundraising ini dalam pertemuan dengan Ketua SSA (Surau Sydney Australia) Novri Latief di Sekretariat Yayasan Diaspora Minang tahun lalu dan alhamdulillah sudah banyak yang ikut sebagai donatur Surau ini. Alhamdulillah ide tersebut insya Allah akan dilaksanakan tahun ini dengan mengundang semua tokoh-tokoh Indonesia, tokoh-tokoh Muslim dan tokoh-tokoh Minang dan masyarakat Minang di seluruh dunia.

Burmalis Ilyas Selaku Direktur Eksekutif MDN-G mengatakan, akan berusaha untuk mempromosikan dan mengajak seluruh masyarakat Minang, masyarakat Indonesia dan muslim di seluruh dunia untuk mendukung terwujudnya Surau Sydney Australia ini.

Menurut Burmalis Ilyas, selain Surau Sydney Australia, saat ini ada juga usaha dari Masyarakat Minang Melbourne untuk membangun Surau/Masjid di Melbourne Australia. Dalam pelaksanaan Pertemuan Minang Sedunia pertama kali di Melbourne pada tanggal 28 september tahun 2018 lalu sudah mulai dikumpulkan dana untuk Surau Melbourne Australia dan akan terus diperjuangkan bersama-sama dengan Surau Sydney Australia.

Sandiaga Uno dalam sambutannya sangat mendukung ide pembelian gedung untuk dijadikan Surau/Masjid ini, dan Insya Allah akan berusaha untuk hadir dalam acara fundraising yang akan diadakan tahun ini di Sydney. Sandiaga Uno sangat kagum dengan semangat juang masyarakat Minang yang ada di Sydney dalam memperjuangan Surau/Masjid ini dan Insya Allah akan mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan Muslim untuk mendukung program mulia ini.

Ustaz Bobby Herwibowo Lc dari ACT dalam sambutannya sangat mendukung program ini dan akan dijadikan salah satu program ACT (Aksi Cepat Tanggap) agar program mulia ini segera terealisasi. Rilis MDN-G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here