Penghijauan, Polres Pessel Gagas Penanaman Ribuan Pohon

596

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Jajaran Polres Pesisir Selatan, menjadi penggagas penanaman 1800 pohon di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, yang secara simbolis penanaman di lakukan oleh Kapolres Pesisir Selatan, AKBP. Cepi Noval, S,Ik. Jum’at (10/1/2020) di lapangan hijau pacuan kuda, Kecamatan IV Jurai.

Dikatakan Kapolres, program penanaman pohon dipelepori oleh Kepolisian Republik Indonesia ( Polri) sesuai dengan arahan Kapolri, untuk ikut peduli dengan lingkungan, dilaksanakan penanaman pohon dilakukan serentak di seluruh jajaran Polda, Polres dan Polsek – Polsek.

” Apalagi Kabupaten Pessel, cukup rawan banjir dan longsor. Pasalnya salah satu penyebab bencana banjir dan longsor karena hutan gundul dan lahan tidur yang tidak produktif,” tegas Cepi Noval.

Maka itulah, Kapolri di awal 2020 memformulakan program Polri Peduli Lingkungan yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia.

Dan, untuk jajaran Polres Pessel sendiri, dilakukan penanaman sebanyak 1800 pohon di wilayah hukum Polres Pessel.

Sedangkan pohon ditanam dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang, karena mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar dan memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya.

” Untuk mencegah banjir dan tanah longsor bukan semata – mata menjadi tanggung jawab dari Kepolisian semata, tapi bersama instansi terkait dan masyarakat ikut peduli dengan itu,” ajak Kapolres.

Kedepan pihaknya akan melakukan pendataan wilayah di Pessel rawan banjir dan longsor, untuk nantinya kita akan lakukan penanaman pohon.

” Diinisiasi oleh Polres Pessel, harapannya instansi pemerintah lainnya, juga pemda, perusahaan swasta, dan masyarakat bisa tergerak untuk melakukan pemulihan lingkungan di sekitarnya dengan budaya menanam pohon,” tekuk dirinya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pessel, Nuzirwan menegaskan bahwa Pemerintah Daerah, khususnya di Dinasnya mengapresiasi jajaran Polres Pessel, dipimpin Kapolres Pessel yang ikut perduli dengan lingkungan.

” Tanaman, atau pohon ditanam bisa mendukung penghijuan, serta mempunyai manfaat positif bagi masyarakat banyak,” ujar Nuzirwan, diselah – selah penanaman pohon.

Sedangkan Kepala UPT Kesatuan Pengelola Hutan Produksi Terbatas ( KPHP) Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Madrianto

jika penanaman pohon seperti bukan saja menjadi tanggung jawab dari Kepolisian, khususnya Polres Pessel. Tapi, kita semua harus ikut mendukung, dan sama – sama melaksanakanya.

” Pohon adalah langkah mitigasi penyelesaian bencana, UPT KPHP Pessel, Sumbar ikut perduli,” kata Madrianto.

Dalam acara pagi itu juga dihadiri Wakapolres, Kabag, Kasat, Bupati mewakili, Dandim mewakili, Kepala Pengadilan Negeri Pessel, Kejari Pessel mewakili, dan Kepala Perangkat Daerah.(RD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here