Rumah Gadang Datuk Rajo Indo Suku Patopang di Galoga Itu Diresmikan Bupati Sijunjung

1011

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Drs. H. Yuswir Arifin Datuk Indo Marajo,MM resmikan pemakaian Rumah Gadang Dt. Rajo Indo, Suku Patopang, di Jorong Galoga, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, pada Jumat (3/1/2020).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati disaksikan Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Dapil III, Asisten III, Dr. Edwin Suprayogi, M.Kes, Kepala Bapppeda, Benny Dwifa Yuswir, SSTP.M.lSi, Kabag Humasy, Drs. Yunani, M.Si, Camat Kamang Baru, David Rinaldo, SSTP beserta forkopincam, Rumah Gadang Datuk Rajo Indo Suku Patopang itu resmi pemakaiannya.

Acara peresmian itu juga dihadiri Walinagari se Kecamatan Kamang Baru, Ketua KAN, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Yuswir Arifin mengucapkan terima kasih kepada Niniak Mamak atas undangannya dan ucapkan selamat kepada Dt. Rajo Indo serta masyarakat Galoga atas diresmikannya Rumah Gadang ini.

“Rumah Gadang ini bukan milik perorangan, tetapi milik kita semua, milik kaum dan masyarakat, sepatutnya rumah gadang ini dibangun dengan usaha kita bersama dan dapat kita pergunakan serta kita jaga bersama untuk membangun budaya dan mengembangkan tradisi kita di Minangkabau ini,”kata Bupati.

“Rumah Gadang merupakan lambang dan kebaggaan bagi kita masyarakat Minangkabau, dengan diresmikannya Rumah Gadang Dt. Rajo Indo ini semoga dapat kita pergunakan dengan baik, apalagi diresmikannya pada hari jum’at, hari yang mulia dan sakral ini,”ucap Yuswir Arifin Datuk Indo Marajo.

Walinagari Kamang, Syafri S Sos dikesempatan itu mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bupati Sijunjung beserta rombongan yang hadir pada acara peresmian rumah gadang tersebut.

Tokoh masyarakat Galoga, Safir, SPd pada kesempatan itu menyebutkan, Pembangunan rumah gadang Dt Rajo Indo itu merupakan sumbangan dan partisipasi masyarakat yang dibangun dari 1 Juli 2018 yang lalu.

“Alhamdulillah berkat sumbangan dari masyarakat Galoga mencapai Rp31,1 juta, dari pengusaha sebesar Rp40,3 juta dan dari Dt Rajo Indo sendiri sebesar Rp453 juta, dan sekarang sudah berdiri kokoh dan pada saat ini sudah diresmikan Bupati Yuswir Arifin,” ujar Safir.
andri
editor; saptarius