Sosialisasi Dampak Lingkungan, Bupati HJ Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan Pabrik Sawit di Lunang

655

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Hendrajoni, meminta segenap komponen masyarakat mendukung rencana pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit di Kecamatan Lunang.

“Kita harus mendukung investor yang sungguh sungguh ingin berusaha di daerah ini, karena mencari investor serius untuk berinvestasi itu susah,” kata bupati.

Hal tersebut dikemukakan bupati pada acara pembukaan sosialisasi pembangunan pabrik kelapa sawit, dampak lingkungan yang ditimbulkan dan fasilitasi batas wilayah nagari di Hotel Hanna, Jumat (3/1/2020).

” Selama ini banyak investor yang menyatakan minatnya untuk berinvestasi, tapi tidak kunjung teralisasi. Sekarang mereka serius, maka pantas untuk kita dukung,” kata bupati.

Pemerintah tidak ingin rencana pembangunan pabrik pengolahan sawit, gagal karena tidak didukung masyarakat atau  karena hal hal kecil yang tidak patut dipersoalkan.

Kata bupati, untuk memacu kemajuan suatu daerah diperlukan adanya investasi dari pihak swasta, karena dana pemerintah terbatas.

Lebih lanjut, dikatakan bupati, dengan adanya pabrik di Lunang akan dapat mendorong meningkatkan harga jual sawit  bagi petani. Karena selama ini harga sawit cenderung dimonopoli satu perusahaan sehingga mereka bisa menekan harga kepada petani.

Selain itu, kehadiran pabrik dapat menyerap tenaga kerja yang ada di daerah sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat daerah, Darmadi, menyampaikan, sosialisasi diikuti 85 orang peserta, terdiri dari wali nagari dan tokoh masyarakat Kecamatan Lunang.

Sosialisasi yang berlangsung satu hari itu, juga diikuti oleh sejumlah kepala dinas dan sejumlah kepala bagian. (R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here