Digelar Disnakertrans Sijunjung, 64 Cateker Muda Produktif Ikuti Pelatihan

271

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 64 calon tenaga kerja (Cateker) muda produktif di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, pada Kamis (20/2/2020) mengikuti pelatihan berbasis kompetensi tahap I.

Pelatihan yang dikemas Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sijunjung itu dibuka secara resmi Kepala Dinas Nakertrans Sijunjung, Adlis, SE.MT di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK). Pembukaan pelatihan tersebut ditandai dengan pengalungan tanda peserta dan penyerahan baju latihan.

Diketahui, bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan dari tanggal 20 Februari sampai dengan 7 April 2020 mendatang.
Menurut Kepala UPTD BLK Kabupaten Sijunjung, Gustinus, SPT dalam laporannya menyebutkan, bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan untuk mengurangi pengangguran.

“Pelatihan ini juga untuk mempersiapkan calon tenaga kerja yang kompeten, memiliki etos kerja tinggi, dan berdaya saing sehingga dapat langsung terjun kedunia kerja dan mampu membuka lapangan kerja baru,”sèbutnya.

Pelatihan tersebut diadakan di UPTD BLK dan Nagari. Materi pelatihan meliputi, asisten pembuat pakaian, pratical office advance, pembuatan roti dan kue di laksanakan di BLK Sijunjung dan tenun dilaksanakan di Nagari Sinyamu Kecamatan Tanjung Gadang.

Ketua Dekranasda, Hj. Endra Yuswir Arifin dikesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumbar dan BLK Padang yang telah membantu tenaga kerja di Kabupaten Sijunjung.

“Kepada peserta pelatihan, kami harapkan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik. Marilah kita berkompetensi dengan baik agar hasil yang didapat juga baik nantinya, “ajak En Yuswir memberi saran.


FOTO – Usai pembukaàn acara pelatihan, peserta bersama Ketua Dekranasda dan Kepala Disnakertrans Sijunjung berkesempatan foto bersama

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Sijunjung Adlis, SE.MT dikesempatan itu juga mengharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan baik.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan baik agar hasil yang diperoleh juga maksimal didapatkan,”harap Kadis Nakertrans Sijunjung berpesan.

Pembukaan pelatihan tersebut juga dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Hj. Endra Yuswir, Kadis Nakertrans Provinsi Sumbar diwakili Kasi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Mahendra MM, BLK Padang, Riswanto, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya juga hadir.

“In sha Alloh pelatihan tahap 1 ini berlangsung hingga 7 April mendatang. Diharapkan Sijunjung dapat mencetak Cateker yang handal, terampil dan hebat yang siap pakai,”ucap Adlis kepada awak media, Kamis (20/2/2020) malam. saptarius/andri