Diguyur Hujan Lebat, Painan Dikepung Banjir

965

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kondisi saluran drainase tersumbat, dan kurang adanya pemeliharaan menjadi salah satu hal yang harus menjadi perhatian dari dinas terkait di Kabupaten Pessel. Karena, setiap hujan lebat, warga di Rawang Painan, Kecamatan IV Jurai mengeluhkan kondisi drainase tidak berfungsi.

Berdasarkan pantauan wartawan di lapangan, ruas jalan di daerah Rawang Painan, akibat hujan yang mengguyur, Jumat (14/2/2020) drainase tidak sanggup menampung curah hujan, akibatnya air di ruas jalan tersebut mencapai selutut orang dewasa.

Akibat genangan air cukup tinggi, membuat kendaraan roda dua milik warga harus mematikan mesin, akibat genangan air yang cukup tinggi.

Kondisi banjir kali itu dimanfaatkan beberapa orang pemuda bermain ban.

Hal sama juga terlihat di bundaran simpang UHA Painan, ruas jalan menghubungkan Painan – Kecamatan IV Jurai Pessel – Padang sedikit tergangu, khususnya kendaraan roda dua. Hal sama bagi kendaraan roda empat.

Ari salah seorang warga painan menuturkan, setiap kali hujan lebat turun selalu daerahnya di rawang painan, selalu banjir, apalagi kondisi drainase yang tidak berjalan, sehingga air tidak bisa berjalan lancar.

” Untung hujan tidak lama, kalau lama dan lebat. Tidak tertutup kemungkinan  bisa masuk ke dalam rumah,” kata Ari.

Hal sama juga dikatakan Uun (30) warga Painan bahwa setiap hujan turun ruas jalan di rawang ini selalu menjadi langanan banjir. Hujan hari ini saja, air hampir masuk dalam rumah, bahkan sepeda motor miliknya tidak  bisa lagi berjalan karena kondisi air didepan rumahnya cukup tinggi.

” Air hujan hampir selutut orang dewasa. Takut juga, ada lipan, ular masuk dalam rumah,” kata Uun.

Uun berharap ada perbaikan saluran drainase, jadi saat hujan turun seperti ini air  bisa mengalir.

Selain air hujan, akibat terbawa air beberapa sampah, batang pohon dan material bebatuhan terbawa hingga ke tengah jalan umum yang berada di kota Painan.

Beberapa selokan sudah banyak sendimen dan sampah dan ini juga salah satu penyebab saluran tidak di lalui air.

Hingga berita ini diturunkan, pukul 17.30 Wib air hujan masih cukup tinggi, walaupun hujan sudah mulai reda.(R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here