Kapolres Dharmasraya dan Solok Alih Tugas serta 3 Pejabat Utama Polda Sumbar Dimutasi

2330

JURNAL SUMBAR | Padang – Lima pejabat utama di lingkungan Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Polda Sumbar) dimutasi dari jabatannya termasuk jabatan Kapolres Dharmasraya dan Kapolres Solok juga alih tugas. Hal ini setelah keluarnya Surat Telegram Kapolri nomor: ST/386/II/KEP/2020 tertanggal 3 Februari 2020.

Adapun para pejabat utama Polda Sumbar yang dimutasi di antaranya Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus), Kombes Pol Juda Nusa Putra. Juda pindah tugas ke Polda Kalimantan Barat dengan jabatan yang sama.

Sementara pengganti Juda adalah AKBP Arly Jembar Jumhana, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir Reskrimum) Polda Bangka Belitung. Bagi Arly, Sumbar tak asing karena dirinya pernah menjabat sebagai Kapolres Kota Bukittinggi.

Selanjutnya Direktur Lalu Lintas (Dirlantas), Kombes Pol Nurhandono juga dimutasi dari jabatannya. Ia pindah tugas dengan jabatan baru sebagai Kabagum Rorenmin Lemdiklat Polri.

Jabatan Dirlantas Polda Sumbar yang baru akan diisi oleh Kombes Pol Yofie Girianto Putro. Yofie sebelumnya menjabat sebagai Kabid Propam Polda Sumatra Utara.

Berikutnya Wakil Direktur Reserse Narkoba (Wadir Resnarkoba) AKBP Roedy Yoelianto naik jabatan sebagai Dirreskrimsus Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu dua kapolres juga diganti. Masing-masing di antaranya AKBP Haji Imran Amir,SIK,MH yang tak lagi menjabat sebagai Kapolres Dharmasraya. Ia dipindahtugaskan dengan jabatan baru sebagai Kabagdalops Roops Polda Sumbar.

Jabatan Kapolres Dharmasraya kini diisi oleh AKBP Adytia Galayudha Ferdiansyah. Adytia sebelum menjabat sebagai Kasibinyan BPKB Subdit BPBK Ditregindent Korlantas Polri.

Selain Dharmasraya, Kapolres Solok Ferry Irawan juga dipindahtugaskan. Ia mendapat jabatan baru sebagai Kapolres Blora, Polda Jawa Tengah. Sementara Kapolres Solok diisi oleh AKBP Azhar Nugroho yang sebelumnya Penyidik Madya II Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, membenarkan adanya mutasi tersebut. Menurutnya, mutasi tersebut merupakan hal biasa dan penyegaran di tubuh Polri.
“Pergantian tersebut juga sebuah penyegaran di institusi Polri, nantinya akan dilaksanakan sertijab. Namun, belum diketahui kapan pastinya,” kata Sateke Bayu, Selasa (4/2/2020) seperti dilansir labggam.id.

Ia mengungkapkan, jabatan merupakan sebagai penghargaan pimpinan terhadap kinerja, dedikasi, dan prestasi yang dicapai oleh personel Polri. Sehingga, sudah pantas apabila personel tersebut diberikan amanah jabatan.

“Ini menunjukkan dinamika organisasi penyegaran personel, dan pengembangan organisasi sebagai konsekuensi dari tuntutan reformasi menuju polri yang mandiri dan profesional,” ujarnya.sumber;langgam.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here