Kecamatan Sijunjung Laksanakan Musrenbang RKPD

243

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung diwakili staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Masharyanto, SE, membuka secara resmi pelaksanaan Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Sijunjung tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di UDKP Kecamatan Sijunjung itu dilaksanakan pada Kamis (20/02/2020) ini dihadiri Anggota DPRD, Kepala Bapppeda, Benny Dwifa Yuswir, SSTP.M.Si dan Kepala OPD lainnya, Camat Sijunjung Khalfian beserta unsur Forkopincam dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan staf Ahli Masharyanto menyebutkan, berdasarkan perda No 10 tahun 2019 tentang APBD tahun anggaran 2020, telah menetapkan total belanja daerah tahun ini sebesar Rp. 1.059,4 Milyar (Rp1,054 triliyun) yang terdiri dari belanja tidak langsung Rp576,6 Milyar dan belanja langsung Rp482,7 Milyar.

“Dari total APBD tersebut kita sudah mengalokasikan dana nagari sesuai ketentuan undang-undang, sehingga total alokasi dana nagari mencapai Rp. 10,5 Milyar atau 10% dari total APBD,”ucapnya.

Untuk itu diharapkan Pemerintah Nagari mampu mengelola dana tersebut secara maksimal untuk percepatan pembangunan nagari sesuai dengan kewenangan yang dimiliki nagari sesuai dengan ketentuan undang-undang yang ada.

Disampaikan bupati, bahwa Musrembang yang dilaksanakan ini merupakan tahapan kedua dari siatem perencanaan pembangunan setelah pelaksanaan musrembang nagari. dimana dalam forum ini akan dibahas usulan program dan kegiatan yang akan dibawa ke forum perangkat daerah dan Musrembang RKPD Kabupaten dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021

“Untuk itu diminta kepada kita semua untuk berperan aktif dalam memberikan masukan dan memilih kegiatan yang benar benar dibutuhkan daerah. Dalam penentuan usulan kegiatan skala prioritas tersebut, agar lebih mengedepankan kepentingan bersama untuk kesejahteraan, kemakmuran, dan kebahagiaan masyarakat,”harap bupati seperti yang dibacakan Masharyanto.andri